Cara Membersihkan File Sampah Windows 10

  • Whatsapp
Membersihkan File Sampah Windows 10

Salah satu penyebab laptop kalian lamban adalah karena memori penyimpanan yang penuh. Untuk melancarkan kinerja laptop agar normal seperti biasanya kalian dapat membersihkan berkas file tidak penting.  Berkas yang sekiranya sudah lawas dan tidak digunakan lagi yang memenuhi memori lebih baik kalian hapus saja daripada mengganggu performa laptop. Ketika berkas file yang tidak penting sudah di hapus dan ternyata penyimpanan kalian masih penuh maka kalian perlu mengecek file sampah. Hal yang perlu diperhatikan adalah berkas yang kita hapus ternyata tidak semuanya langsung hilang dari PC namun di tampung oleh file sampah.

Selain file sampah, penuhnya penyimpanan laptop terkadang juga disebabkan oleh file cache yang tertinggal. File temporary, pengaturan program lama, dan thumbail cache yang dibiarkan menumpuk dalam kurun waktu yang lama juga turut berpengaruh terhadap kapasitas penyimpanan. Dalam kurun waktu yang lama file sampah ini kalo ditotal mungkin mencapai GB. Sebagai pengguna, kalian tentu tidak ingin file sampah ini mengganggu performa kinerja laptop kalian. Untuk menghilangkan file tadi sebenarnya mudah, namun karena banyak orang yang tidak tahu maka file sampah ini masih banyak mengendap di PC atau laptop yang kalian gunakan. Berikut ada tips dan cara membersihkan file sampah di laptop windows 10 yang dapat kalian lakukan.

  • Buka disk cleanup

Untuk membuka clean up kalian harus membuka file eksplorer terlebih dahulu, setelah itu ke penyimpanan Drive C. Setelah berada di drive C, klik kanan dan pilih properties. Kemudian secara otomatis kalian akan berada di halaman umum/generall, perhatikan tombol bertuliskan Disk Cleanup yang berada bawah sudut kanan. Di situ terdapat menu pilihan pembersihan disk/disk cleanup. Klik menu pilihan tersebut, maka secara otomatis komputer kalian akan mengecek data sampah yang ada di komputer. Selang beberapa saat komputer akan menampilkan detail data-data yang dapat kalian bersihkan.

  • Bersihkan System Files

Setelah terlihat file yang dapat kalian hapus, langkah selanjutnya adalah meng-klik menu pilihan Clean up system files. Langkah ini dilakukan untuk mencari ulang data-data komputer yang dapat dihapus. Kalian akan mendapati data instalasi Windows yang mencapai 17 GB pada pencarian ke dua ini. jika kalian ingin menghapusnya maka tinggal tekan saja “OK”. Data cadangan sebesar 17 GB tadi akan terhapus dan meringankan sedikit dari beban hardisk.

Selain membersihkan berkas sampah komputer secara langsung seperti yang sudah dipaparkan tadi, kalian juga bisa membersihkan berkas sampah melalui Aplikasi. Misalnya dengan menggunakan Ccleaner. Aplikasi ini cukup mempuni untuk membersihkan komputer kalian karena dibekali dengan beberapa tools yang lengkap dan mendukung untuk pembersihan komputer. Kalian dapat membersihkan tracker, browser cache, cache aplikasi, dan file themporary menggunakan aplikasi ini. Cara mengoperasikannya terbilang simpel. Pertama, tutup semua aplikasi yang sedang digunakan. kedua, buka aplikasi Ccleaner lalu masuk ke Easy Clean. Ketiga, klik Analyze. Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat untuk proses pen-scan-nan. Ketiga, setelah proses penscanan berhasil kalian bisa langsung mengklik pilihan “Clean All”. Kalian tinggal menunggu proses pembersihan selesai.

Selain untuk membersihkan Windows 10, kalian juga dapat menggunakan CClean ini untuk membersihkan sampah browser dan aplikasi yang kalian inginkan. Fitur ini dapat kalian gunakan untuk menghindari terhapusnya keseluruhan file cache aplikasi. Untuk melakukan hal tersebut kalian dapat melakukan pembersihan aplikasi tertentu yang kalian inginkan saja.

Related posts