Cara Menjadi Dropshipper di Toko Online 2021, Panduan Lengkap dan Gratis

  • Whatsapp
Dropshipper

Hallo Dulur,

Pernahkah kalian mencari artikel tentang usaha yang tidak memerlukan modal?. Hasil pencariannya akan begitu banyak bukan, tapi pernahkah kalian melihat kata Dropship dalam pencarian itu!. Dari sana kita pasti berfikir bagaimana menjadi seorang dropshipper di toko online, begitu juga dengan isi dari artikel ini. Simak penjelasannya dibawah ini, Ok!

Hal pertama yang harus kita pelajari adalah mengenal istilah-isntilah dari menjadi Dropshipper di toko online, Bagaimana cara kerjanya, peluang, untung dan ruginya menjadi Dropshipper di Indonesia.

Apa Itu Dropship?

Dropship artinya adalah sebuah sistem yang banyak bermunculan dan berkembang dengan maraknya penjualan barang melalui internet. Dengan adanya sistem dropship, banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, pembeli dan pihak yang melakukan dropship itu sendiri yang disebut dropshipper. Dropshipper tidak pernah menyimpan stok barang, jadi jika seorang dropshipper mendapatkan order, ia akan langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke pemasok/supplier yang menjual barang tersebut.

Apa Bedanya Dropshipper dengan Reseller?

Pada sistem dropship, dropshipper tidak pernah memiliki stok barang. Reseller biasanya harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya. Sementara untuk dropshipper, kita tidak perlu punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja sehingga praktiknya lebih mudah untuk dijalankan. Cara menjualnya sendiri sama seperti umumnya dengan mempromisikan ke media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan aplikasi sosial media lainnya yang biasanya digunakan untuk menarik pelangan.

Mekanisme Kerja Dropshipper di Toko Online

Mekanisme ini banyak digunakan oleh pihak yang bekerja sebagai dropshipper. Berikut ini mekanisme yang harus kalian ketahui:

  1. Pemilihan Produk, Kalian hanya perlu memilih barang sesuai keinginan pasar melalui pemilihan barang di toko online, pastikan harga barang sesuai.
  2. Promosikan Produk, Barang yang sudah kita dapatkan bisa kita promosikan melalui media sosial. Seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dll.
  3. Menerima Pesanan Konsumen, Proses ini terbilang lama karena awal mula memulai akan begitu sulit untuk mencari konsumen.
  4. Konsumen mengirim Uang, Pastikan konsumen mentransfer uang lebih dahulu. Kalian dapat menggunakan rekber toko online.
  5. Dropshipper memproses Barang, Setelah kita memastikan konsumen sudah transfer kita bisa memproses barang pesanan.
  6. Mengirim Barang, Kirim barang sesuai ke alamat penerima dan jangan lupa untuk menulis ulasan mengenai produk kita.

Cara Menjadi Dropshipper di Toko Online

Di Indonesia sendiri terdapat Toko Online yang begitu banyak, jadi hal pertama adalah mencari barang yang ingin kita Dropshipkan. Seperti menjadi salah satu Dropshipper di Shopee, TokoPedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dll. Berikut adalah rincian cara menjadi Dropshipper di Toko Online:

  1. Pertama, pastikan bahwa kalian sudah memiliki akun di Shopee atau Toko Online lainnya.
  2. Login dengan akun Dropsip kalian.
  3. Pilih barang yang telah dipesan oleh pelangan kalian(proses ini diperlukan promosi sampai ada order masuk) dan lakukan Pembelian barang tersebut.
  4. Pada laman pembelian pilihlah opsi kirim sebagai Dropshipper
  5. Pastikan bahwa kalian memiliki alamat pemesan, lalu masukkan alamat pemesan ke dalam detail orderan.
  6. Setelah itu, selesaikan pembayaran orderan.

Seperti itulah alur cara menjadi Dropshipper di toko online, tapi kalian juga harus tahu bahwa setiap toko online memiliki peraturan dan tatacara yang berbeda.

Jika kalian berminat menjadi Dropshipper Shopee kalian bisa langsung menuju link berikut : Dropshipper Shopee

Jika kalian berminat menjadi Dropshipper Tokopedia kalian bisa langsung menuju link berikut : Dropshipper Tokopedia

Jika kalian berminat menjadi Dropshipper Bukalapak kalian bisa langsung menuju link berikut : Dropshipper Bukalapak

Jika kalian berminat menjadi Dropshipper Lazada kalian bisa langsung menuju link berikut : Dropshipper Lazada

Jika kalian berminat menjadi Dropshipper Blibli kalian bisa langsung menuju link berikut : Dropshipper Blibli

Anda juga bisa menjadi member dari resellerdropship.com

Bagaimana Cara Mencari Supplier Barang?

Untuk memulai bisnis dropship, pastikan untuk selalu mencari supplier yang dapat ditepercaya. Carilah teman dimedia sosial, di sana ada banyak sekali penjual-penjual yang dapat dipercaya dan bisa di ajak bekerja sama. Untuk membedakan antara penjual baru dan penjual terpercaya, Anda bisa melihat rating yang didapat atau dari ulasan barang yang telah terjual. Biasanya, supplier terpercaya telah melayani ratusan atau bahkan ribuan pembeli dan mendapatkan banyak ulasan positif.

Karena kemudahan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seorang dropshipper ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi dropshipper daripada menjadi seorang reseller. Peluang bisnis sebagai dropshipper juga akan terus meningkat seiring dengan minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online.

Salam Dulur Adoh

Itu dia Cara Menjadi Dropshipper di Toko Online 2021, Panduan Lengkap, Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi teman-teman semua.

Terimakasih sudah memberikan sedikit waktu untuk membaca artikel dari saya, ingin artikel lainya ? anda bisa mensupport dengan menekan tombol like dan share. Semoga ilmu yang saya berikan berguna untuk kalian.

Related posts