Cek Resi Tiki Gampang Banget Pake Aplikasi Ini!

  • Whatsapp
Cek Resi Tiki Gampang Banget Pake Aplikasi Ini!

Belanja online kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Apalagi, bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Bahkan, belanja bulanan yang menjadi rutinitas sehabis gajian pun kini sering dilakukan online, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Para pengusaha online dan jasa pengiriman bermunculan, kemudian mulai bersaing pada industri e-commerce ini. Banyak istilah keren dari dunia e-commerce yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Misalnya “online shop”, “COD”, “keep order” dll. 

Tahukah kamu, jasa pengiriman memegang peranan yang sangat vital dalam menjamurnya dunia e-commerce. Direktur utama salah satu jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, mengatakan bahwa perusahaan mereka melayani lebih dari 1 juta pengiriman setiap hari. Padahal di Indonesia, ada lebih dari 5 jasa pengiriman yang besar dan terkemuka. Bukankah ini sangat menakjubkan?

Ketika kita membicarakan jasa pengiriman, kita tidak bisa lepas dari satu perusahaan pengiriman yang bertahan 50 tahun terakhir ini. Dari zaman hanya segelintir orang saja yang mengenal internet Indonesia, sampai hari ini di mana internet menjadi seperti kebutuhan primer.

Yes, jasa pengiriman yang saya maksud adalah TIKI. Mungkin saat kecil, kamu sering sekali melihat neon box di pinggir jalan bertuliskan TIKI. Dulu sebelum kirim-mengirim barang menjadi trend, mungkin kamu tidak tahu TIKI itu fungsinya apa. Namun, belakangan kamu juga sering berbelanja produk online dan dikirim dengan jasa pengiriman, salah satunya TIKI.

Sekilas Tentang TIKI & Kelebihannya

TIKI sendiri merupakan singkatan dari “Titipan Kilat”. TIKI berdiri tanggal 1 September 1970, mungkin sebagian dari kamu belum lahir saat itu. 

Ada beberapa kelebihan TIKI dibandingkan dengan jasa pengiriman lain:

  • Berpengalaman
    Seperti kita tahu, TIKI sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Bagaimana pun, pengalaman telah menempa TIKI untuk menjadi jasa pengiriman yang prima dalam pelayanan.
  • Tarif Kompetitif

Meskipun TIKI merupakan sebuah perusahaan pengiriman yang terkemuka, namun tarif yang diterapkan sangat kompetitif dengan jasa pengiriman lainnya. 

  • Tersebar di seluruh Indonesia

TIKI mudah untuk ditemukan dan layanannya menjangkau pengiriman ke semua daerah. TIKI memiliki 500 kantor perwakilan dan memiliki 3700 gerai di seluruh Indonesia. 

  • Mudah Dilacak

Kamu bisa dengan mudah cek resi tiki menggunakan layanan website resmi atau bisa menggunakan AgogoPost Apps.

  • Layanan Lengkap

Kamu bisa memilih paket kamu dikirimkan menggunakan berbagai pilihan layanan. Bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. 

Jenis Layanan Pengiriman TIKI

  • Same Day Service (SDS)

Layanan TIKI yang satu ini memastikan paket kamu sampai di hari yang sama. 

  • One Night Service (ONS)

Layanan ini memungkinkan pengiriman paket kamu hari ini, sampainya besok. Seperti namanya, membutuhkan 1 malam saja untuk sampai.

  • Two Day Service (TDS)

Kiriman paket yang menggunakan layanan ini bisa sampai di rumah kamu dalam 2 hari.

  • Regular Service (REG)

Nah ini layanan pengiriman yang paling umum dan sering menjadi default set layanan pengiriman bagi banyak toko online. Layanan ini bisa mengantarkan paket kamu sampai ke rumah dalam 3 – 4 hari. 

  • Economy Service (ECO)

Layanan ini merupakan paket hemat yang diberikan oleh TIKI. Walaupun lebih murah, bukan berarti layanannya jadi jelek. Pengiriman menggunakan ECO ini estimasi sampai antara 4 – 5 hari.

  • Trucking Service (TRC)

Kalau kamu beli spring bed, meja, kulkas atau barang lain yang berat, bisa pake layanan ini. TRC cocok melayani paket yang beratnya lebih dari 10 Kg.

  • International Service (INT)

Layanan pengiriman ke luar negeri dengan harga yang cukup terjangkau. 

Begini Cara Melacak Kiriman Kamu

Setelah kamu berbelanja online, baik itu di marketplace ataupun di toko online biasa, kamu akan mendapatkan resi pengiriman. Nah, resi pengiriman ini bisa kita gunakan untuk melacak posisi paket kita. 

  • Via Website Online

Kamu bisa melacak paket TIKI kamu dengan memasukan nomor resi ke website pelacakan TIKI. Kamu bisa masuk ke tiki.id/id/tracking, kemudian masukan nomor resinya. 

  • Via AgogoPost

Kamu bisa sangat mudah melakukan pelacakan paket kamu aplikasi AgogoApps yang bisa diunduh di Play Store atau App Store. Selain itu, kamu juga bisa langsung melacak paket dengan mengunjungi halaman ini 👉 cek resi TIKI.

Status Pengiriman TIKI

  • Shipment Data Entry

Paket sudah masuk database TIKI dan siap untuk dikirimkan ke rumah kamu.

  • Arrive at

Paket kamu sudah sampai di kota yang disebutkan

  • Departed to

Paket sudah diberangkatkan menuju kota yang menjadi jalur tujuan pengiriman.

  • Transit

Paket kamu sedang dalam perjalanan, hanya saja lagi transit

  • With Delivery Courier

Nah status ini adalah yang paling bikin deg-degan. Kamu bisa menunggu abang kurir datang ke rumah, kalau statusnya udah gini. Itu artinya, paket sedang diantarkan oleh kurir ke rumah kamu.

  • Success/Received By

Ini status akhir, jika paket kamu sudah sampai dan diterima.

  • Failed

Status ini memang tidak menyenangkan. Itu artinya paket kamu gagal dikirim. Entah itu karena alamatnya tidak jelas, alamat salah atau rumah kamu sedang kosong.

Kenapa Harus Menggunakan AgogoPost?

Bagi kamu yang sering melakukan belanja online, tentunya sering berganti-ganti jasa pengiriman. Kamu hari ini mungkin pakai jasa pengiriman TIKI, belanja selanjutnya mungkin pakai jasa pengiriman lain. Nah, kamu akan kerepotan untuk cek resi jika harus unduh aplikasi jasa pengiriman satu persatu.

AgogoPost mendukung lebih dari 1200 jasa pengiriman. Dengan demikian, apapun jasa pengiriman yang kamu gunakan, kamu bisa cek resinya menggunakan aplikasi ini. 

Related posts