Kelebihan dan Kekurangan dari Membeli Mobil Bekas

kredit mobil bekas

Pemilihan yang beragam dari mobil bekas yang dijual di pasaran namun dengan harga harga bervariasi. Akan tetapi sebelum kamu memutuskan, untuk membeli mobil bekas kamu harus ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari membeli mobil bekas berikut.

Mungkin kamu ingin mobil baru tapi tidak terbeli karena terkendala budget? Kamu jangan khawatir, karena ada banyak mobil bekas dijual di pasaran. Kamu juga bisa memilihnya sebagai alternatif dan sebagai pertimbangan, kamu bisa simak beberapa kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas di bawah ini.

Read More

Ada beberapa sejumlah kelebihan yang tidak bisa ditemui saat kamu membeli mobil baru. Berikut diantaranya adalah:

Pilihan beragam

Pastinya jika secara pilihan mobil bekas lebih beragam jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Bahkan hanya dengan dana 80 juta rupiah, kamu sudah bisa memilih jenis mobil mobil keluarga MPV, city car, sedan, hatchback, atau mobil petualang SUV. Kamu juga bisa mendapatkan mobil pick up jika memang kamu untuk menunjang usaha. Dengan membeli mobil bekas, pilihan lebih beragam.

Harga lebih murah

Kelebihan kedua jika kamu membeli mobil bekas yakni harganya yang lebih murah dibandingkan membeli mobil baru. Ini merupakan faktor alam, karena mobil selalu mengalami depresiasi atau penurunan harga, pada saat dijual kembali. Meskipun saat kondisinya masih istimewa harganya sudah jatuh dari saat baru. Jadi hal ini jadi satu keuntungan jika bisa mendapatkan mobil bekas istimewa.

Proses lebih cepat

Kemudian keuangan selanjutnya adalah proses administrasi membeli mobil bekas yang lebih singkat dibandingkan mobil baru. Apalagi jika kamu membeli mobil baru secara kredit. Sehingga waktu lebih lama karena harus melalui proses survei terlebih dahulu.

Langsung bisa digunakan

Berikutnya adalah ketika mobil sudah berpindah tangan, maka mobil langsung bisa digunakan karena surat kelengkapan kendaraan seperti STNK sudah juga sudah ada. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu beberapa hari sampai sekitar satu bulan untuk bebas digunakan, hingga STNK sudah didapatkan. Kemudian untuk pengurusan administrasi juga lebih cepat serta surat-surat lengkap, dan mobil siap dipakai.

Kerugian lebih rendah saat dijual kembali

Dan yang terakhir kelebihan saat membeli mobil bekas yang lain adalah kerugian lebih rendah ketika mobil dijual kembali. Hal ini tentunya karena harga mobil bekas sangat fleksibel dan situasional, karena tidak ada patokan yang pakem. Contohnya kamu membeli mobil bekas seharga Rp 80 juta, tapi setahun kemudian kamu dapat  jual kembali dengan harga Rp 70-75 juta. Bahkan jika kamu beruntung mungkin bisa menjual dengan harga Rp 80 juta.

Kekurangan membeli mobil bekas

Setiap kelebihan pastinya ada kekurangan dan untuk kekurangan membeli mobil bekas diantaranya sebagai adalah :

Kualitas tidak seperti mobil baru

Mungkin secara kualitas mobil bekas tidak akan lagi seperti mobil baru. Hal ini karena mobil sudah pernah dipakai orang lain. Sehingga kamu tidak akan mengetahui gaya mengemudinya, riwayat perawatannya, serta yang lainnya yang berkaitan dengan mobil tersebut.

Potensi perbaikan lebih besar

Jika kamu membeli mobil bekas maka akan berpotensi untuk perbaikan lebih besar dibanding dengan mobil baru. Alasannya sama seperti di atas tadi, karena kamu tidak dapat mengetahui riwayat perawatan mobil saat dipakai pemilik sebelumnya. Dan jika hal ini terjadi berarti kamu harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.

Tidak memiliki garansi panjang

Mungkin sebenarnya bukan tidak ada garansi sama sekali, dan benarnya ada tapi tidak sepanjang saat beli mobil baru dari dealer. Jika kamu membeli mobil di dealer mobil bekas mungkin garansinya bukan dari pabrikan, akan tapi dari dealer langsung. Jangka waktunya mungkin berkisar satu sampai enam bulan saja tergantung kebijakan masing-masing dealer.

Bagaimana setelah kamu membaca artikel diatas, apakah kamu ingin membeli mobil bekas, jika iya saya rekomendasikan untuk membeli mobil bekas di garasi.id yang menjual berbagai macam jenis mobil serta dengan garasi yang pas kamu juga bisa kredit mobil bekas, ataupun membeli secara langsung.

Related posts