by

Kemudahan Mendapat NIRA PPNI Bagi Perawat Baru

Perawat merupakan salah salah satu tenaga kesehatan terbanyak di Indonesia. Tercatat ribuan lulusan setiap tahun dari berbagai perguruan tinggi keperawatan. Sesuai dengan peraturan terbaru dari organisasi profesi terkait. Seluruh lulusan perawat baru diwajibkan untuk menjadi anggota resmi organisasi profesi perawat. Organisasi perawat tersebut adalah PPNI (Persatuan perawat Indonesia). Seperti diketahui PPNI merupakan organisasi perawat yang diakui oleh pemerintah.

Sekilas Pengertian dari NIRA PPNI

NIRA adalah sebuah kependekan dari dari Nomor Induk Registrasi Anggota. Setiap anggota resmi PPNI akan mendapatkan NIRA yang berbeda. Sementara yang berwenang mengeluarkan NIRA, tak lain adalah DPP (Dewan Pengurusan Pusat) PPNI. DPP PPNI merupakan pengurus pusat seklaigus induk dari organisasi profesi perawat di Indonesia. Salah satu alasan kenapa wajib memiliki NIRA PPNI bagi perawat baru. Tanpa memiliki NIRA maka perawat tidak bisa mengurus pembuatan STR (Surat Tanda Registrasi). Tanpa STR maka seorang perawat tidak bisa bekerja di sebuah fasilitas kesehatan.

Manfaat dari NIRA PPNI itu Apa Saja

  1. Sebagai salah satu syarat dalam pembuatan STR baru
  2. Sebagai salah satu syarat perpanjangan STR perawat
  3. Sebagai salah satu syarat dalam pengurusan surat ijin praktek kerja perawat
  4. Untuk mendapatkan surat rekomendasi dari organisasi profesi PPNI
  5. Mendapatkan perlindungan hukum dari organisasi profesi PPNI
  6. Dapat mengikuti berbagai kegiatan organisasi profesi PPNI
  7. Mendapatkan ilmu dan pengalaman dari organisasi profesi PPNI
  8. Mengembangkan ilmu atau ketrampilan yang diadakan organisasi

Syarat Mudah Pembuatan NIRA PPNI

Setelah mengetahui berbagai manfaat penting dari memiliki NIRA PPNI bagi seorang perawat. Maka akan muncul pertanyaan, apa saja syarat dalam pengurusan pembuatan NIRA PPNI. Sebenarnya persyaratan yang diminta, tidaklah banyak. Proses pengurusan terbilang cukup mudah. Perawat baru cukup menyiapkan dokumen utama yang wajib dimiliki. Mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), hingga Ijazah lulusan Keperawatan terakhir. Sementara syarat lain dalam pembuatan NIRA PPNI yakni email aktif serta biaya pendaftaran awal bagi perawat baru.

Bagaimana Pendaftaran Mendapat NIRA PPNI Secara Online

Perawat baru cukup mendaftarkan diri secara online melalui website resmi PPNI. Setelah itu ada dua pilihan keanggotaan, perawat dalam negeri atau perawat luar negeri. Selanjutnya mengisi form terkait identitas perawat baru, mulai dari data diri hingga pendidikan Keperawatan yang telah ditempuh. Tutorial mudah mendapatkan NIRA PPNI terbaru bisa membaca artikel berikut tetang cara membuat NIRA terbaru. Seperti diketahui bahwa perawat warga negara asing (WNA)yang bekerja di Indonesia, boleh menjadi anggota PPNI dan memperoleh NIRA. Hal tersebut sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPNI hasil Munas IX Palembang. WNA yang memenuhi persyaratan menjadi anggota PPNI termasuk anggota khusus.

Sebenarnya Apa Saja Tugas Seorang Perawat

Tak hanya merawat orang sedang sakit saja, seorang perawat juga bertugas menjaga pasien. Mulai dari memastikan kondisi pasien dalam keadaan baik, sampai merawat kebersihan tubuh pasien. Memasang dan melepas popok pasien merupakan salah satu tugas dari seorang perawat. Membatu berpakaian setelah mandi juga tugas perawat. Terlepas dari menjaga kebersihan pasien, perawat juga mempunyai peran penting sebagai  mitra dokter dalam merawat dan mengobati pasien. Membantu pasien dalam memberikan obat yang diserupakan oleh dokter. Baik obat dalam bentuk sirup atau tablet yang langsung dapat diminum. Maupun obat dalam bentuk cairan yang diberikan dengan cara menyuntikan langsung ke tubuh pasien.

News Feed