Simple dan Mudah, Inilah Cara Uninstall Aplikasi Bawaan untuk Pengguna Android

  • Whatsapp
Cara Uninstall Aplikasi Bawaan

Tidak sedikit orang yang akhirnya mencari cara uninstall aplikasi bawaan di smartphone. Hal ini karena aplikasi bawaan atau yang biasa bloatware merupakan aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai oleh pengguna. Selain itu jumlah bloatware yang banyak juga dapat memenuhi memori smartphone pengguna. Karena itulah pada akhirnya banyak pengguna yang memilih untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada pada smartphone.

Proses uninstall aplikasi bawaan ini sebenarnya bisa dilakukan secara manual dengan memanfaatkan pengaturan pada smartphone tanpa aplikasi. Namun penghapusan tanpa aplikasi ini terkadang tidak efektif karena tidak semua aplikasi dapat di uninstall dan hanya dapat dihentikan proses pengoprasiannya. Dalam hal ini, solusi lain yang bisa dijadikan solusi adalah memanfaatkan CCleaner sebagai aplikasi pembantu. Lalu bagaimana cara melakukan uninstall aplikasi bawaan menggunakan CCleaner? Berdasarkan laman situs venostech.com, berikut langkah-langkahnya:

1. Download Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner merupakan aplikasi pembersih cache yang sering digunakan untuk membuat performa smartphone lebih baik. Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah mengunduh aplikasi CCleaner. Aplikasi ini bisa didownload gratis di Play Store atau App Store. CCleaner terkenal sebagai salah satu aplikasi untuk membersihkan cache saat smartphone dioperasikan. Selain untuk membersihkan cache, aplikasi ini juga bisa untuk menghapus bloatware yang merupakan bawaan pabrik.

2. Masuk ke Menu App Manager

Apabila proses mengunduh aplikasi CCleaner telah selesai dan sukses, maka selanjutnya pengguna bisa mulai menjalankan aplikasi ini untuk menghapus bloatware atau aplikasi bawaan yang ada pada smartphone. Cara uninstall aplikasi bawaan menggunakan software ini adalah dengan memanfaatkan menu app manager pada CCleaner. Pada menu ini pengguna akan menemukan tiga opsi yaitu opsi installed, system dan disabled. 

3. Pilih Menu System pada App Manager

Menu System pada App Manager adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan pada smartphone. Pengguna bisa melihat aplikasi-aplikasi yang akan dihapus. Menu ini biasanya terletak diantara opsi installed yang berisi aplikasi terinstall atau aplikasi yang diunduh oleh pengguna dan juga disabled akan berisi aplikasi yang sudah tidak digunakan atau dinonaktifkan karena tidak pernah digunakan. Pada menu ini jugalah semua aplikasi bawaan akan dapat dilihat oleh pengguna smartphone.

4. Mulai Hapus Aplikasi

Penghapusan aplikasi bisa dimulai saat pengguna sudah berada pada beranda system yang ada di aplikasi CCleaner  Pada saat akan dihapus akan muncul peringatan dari CCleaner bahwa resiko penghapusan aplikasi adalah tanggung jawab pengguna smartphone. Untuk itu, memperhatikan dan mengetahui aplikasi-aplikasi yang akan dihapus adalah hal yang penting diketahui oleh setiap pengguna. Tentunya, hal ini juga akan menjadi antisipasi para pengguna smartphone apabila ada salah satu aplikasi yang mungkin saja bisa mempengaruhi system.

5. Pilih Aplikasi yang akan Dihapus

Sebagai langkah terakhir yang harus dilakukan oleh pengguna smartphone untuk menghapus aplikasi adalah memilih satu-persatu aplikasi bawaan yang akan dihapus. Centang pada kolom kecil sebelah kiri yang telah disediakan sejajar pada setiap aplikasi. Apabila aplikasi yang akan dihapus sudah dipilih, maka selanjutnya klik uninstall yang terletak pada bagian bawah menu aplikasi. Setelah itu klik ok dan pengguna hanya perlu menunggu proses penghapusan selesai.

Berikut tadi adalah 5 langkah yang bisa dilakukan pengguna android sebagai salah satu cara uninstall aplikasi bawaan atau bloatware pada smartphone. Penggunaan aplikasi CCleaner untuk menghapus aplikasi terbilang mudah dan lebih cepat bila dibandingkan menggunakan menu pengaturan pada smartphone.

Related posts