Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya

Sosial media marketing atau pemasaran socialmediamarketer (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar.

Pada tahun 1929, Frigyes Karinthy, seorang penulis Hungaria, mengemukakan konsep yang disebut Six Degrees of Separation dalam cerita pendeknya yang berjudul “Chains”.

Konstruksi tersebut menyebarkan gagasan bahwa setiap orang di dunia dapat dihubungkan melalui maksimal enam koneksi sosial.

Maju cepat 68 tahun, Andrew Weinreich memperkenalkan Six Degrees pada tahun 1997, situs jejaring sosial pertama di dunia. Platform tersebut menggunakan konsep pemisahan enam derajat sebagai fondasi untuk memungkinkan penggunanya terhubung.

Six Degrees menghentikan layanan pada tahun 2000 (meskipun situs webnya masih aktif), dan banyak platform media sosial lainnya muncul dengan fitur yang terus berkembang seperti Friendster, hi5, LinkedIn, MySpace, Facebook, Instagram dan Twitter.

Banyak marketet memanfaatkan peluang dari meningkatnya popularitas media sosial di kalangan pengguna internet. Mereka mulai mempromosikan merek mereka di media sosial, dengan demikian mereka telah melakukan sosial media marketing kepada dunia.

Untuk mengetahui lebih jauh apa itu sosial media marketing, Anda bisa membaca artikel ini lebih jauh

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan organik.

Ini adalah platform di mana pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi, serta membangun komunitas mereka.

Pemasara sosial media melibatkan aktivitas seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan kesadaran merek, melibatkan prospek dan pelanggan melalui konten, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan sebagainya.

Marketer media sosial menggunakan media sosial untuk pertama-tama hadir di platform sosial populer, menemukan dan menjangkau pelanggan dan calon pelanggan, lalu mempromosikan produk dan layanan serta melibatkan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI.

Jenis dan Platform dalam Sosial Media Marketing

Di dunia dengan populasi lebih dari 7 miliar, 3 miliar orang aktif di media sosial. Di bagian ini, kita akan melihat delapan platform media sosial yang penting jika Anda ingin melakukan sosial media marketing yang efektif.

1. Facebook

Terlepas dari apakah Anda seorang B2B atau merek B2C, Anda harus hadir di platform Facebook. Ini menggabungkan fitur-fitur terbaik dari hampir setiap platform media sosial dan kemungkinan besar audiens Anda juga ikut menggunakannya!

Bisnis dapat menggunakan Facebook untuk berbagi konten, terlibat dengan pelanggan, menjalankan iklan, atau bahkan menggunakannya sebagai platform untuk memberikan dukungan pelanggan.

2. Twitter

Twitter memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pendapat Anda dalam 280 karakter. Dikenal sebagai perintis penggunaan hashtag, Twitter adalah platform media sosial bagi pengguna untuk berbagi pemikiran, menjangkau merek dan selebriti, serta mengonsumsi berita dan cuplikan informasi.

4. Instagram

Instagram adalah platform visual berbasis seluler yang memungkinkan Anda berbagi gambar dan video. Popularitas Instagram telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan tumbuh lebih besar karena konsumen terus menyukai video vertikal, video langsung, dan cerita. Instagram meluncurkan platform video vertikal yang disebut IGTV yang memungkinkan Anda untuk berbagi video dengan durasi lebih dari satu menit.

Strategi Sosial Media Marketing

Jalankan Audit Media Sosial

Sebelum Anda menetapkan tujuan dan membuat rencana sosial media marketing, selalu ada baiknya untuk memulai dengan menganalisis apa yang berhasil untuk bisnis Anda di masa lalu. Kunjungi bagian analitik / wawasan dari akun media sosial Anda dan perhatikan karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang telah berfungsi, dan sebagainya.

Demikian pula, kunjungi sumber lalu lintas rujukan di Google Analytics (atau alat analisis yang Anda gunakan) untuk memahami platform mana yang paling berguna untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web.

Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik

Apa tujuan merek Anda melalui media sosial? Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, memberikan dukungan pelanggan, atau meningkatkan keterlibatan dan jangkauan merek? Namun, memiliki tujuan saja tidak cukup. Tentukan metrik yang dapat mengidentifikasi apakah Anda telah mencapai tujuan Anda atau tidak

Related posts