Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Bagus

  • Whatsapp
Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Tahukah kamu bahwa tulang memainkan peranan yang amat sangat penting untuk tubuh manusia, misalnya seperti untuk dapat membentuk struktur tubuh, dapat melindungi organ, untuk menopang otot, dan sebagai penyimpan kalsium.

Untuk itu kesehatan tulang yang terganggu tentu saja akan sangat mengganggu pada produktivitas dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun sayangnya, seiring berjalannya masa dan bertambahnya usia seseorang pasti akan rentan mengalami kehilangan massa tulang.

Hal ini akan berakibat, jika kita akan rentan juga mengalami osteoporosis yang dapat membuat tulang menjadi lemah dan juga sangat rapuh. Maka dari itu, kita sangat penting untuk bisa menjaga kesehatan tulang agar bisa terhindar dari risiko tersebut.

Menjaga Kesehatan Tulang

Ada juga terdapat kabar baik, karena ada berbagai cara atau tips mudah yang dapat dijadikan sebagai langkah untuk menjaga kesehatan tulang. Berikut dibawah ini saya juga telah menyiapkan berbagai tips menjaga kesehatan tulang:

1. Perbanyak memakan-makanan yang bergizi seimbang

Karena pola makan mampu memegang peranan yang penting juga dalam kesehatan tulang kita nantinya. Maka dari itu untuk dapat menjaga kepadatan dan massa tulang, kamu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung dan kaya akan kalsium serta vitamin D. Karena makanan dengan sumber kalsium yang tinggi dapat kita temukan dalam produk susu rendah lemak.

Sedangkan untuk sumber vitamin D yang baik mampu kita dapatkan dengan cara mengonsumsi telur, ikan, dan juga susu yang dilengkapi dengan formula vitamin D. Kemudian kamu juga dianjurkan untuk sering mengonsumsi sayuran hijau yang juga dapat berkontribusi besar pada kesehatan tulang kita.

2. Rutin olahraga

Seperti yang kita tahu bahwa tulang sama seperti otot, sehingga tulang juga dapat menjadi lebih kuat dengan berolahraga. Ada beberapa Olahraga terbaik dan bagus untuk kesehatan tulang yaitu jenis olahraga yang berfokus untuk membangun kekuatan serta ketahanan seperti menahan beban, berjalan, menaiki tangga, mengangkat beban, hingga menari. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu juga harus coba secara rutin untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

3. Cukupi asupan kalori

Manfaat kalori selain bisa memperlambat metabolisme, dengan asupan kalori yang rendah juga dapat menyebabkan hilangnya masaotot. Dengan kondisi seperti ini juga dapat membahayakan kesehatan tulang. Terdapat penelitian atau riset menunjukan, bahwa dengan mengonsumsi kurang dari 1000 kalori setiap hari dapat menurunkan kepadatan tulang.

Maka dari itu untuk biaa menjaga kepadatan tulang, sebaiknya kita harus mengonsumsi minimal 1.200 kalori setiap harinya, dan juga jangan lupa harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang kaya protein, vitamin, serta mineral.

4. Konsumsi omega 3

Dengan mengonsumsi Omega-3 dapat membantu mengurangi inflamasi pada tubuh dan juga dapat mencegah pengeroposan tulang akibat penuaan. Akan tetapi, mengonsumsi omega 3 kita juga harus diimbangi dengan asupan omega6.

Terdapat juga riset yang menunjukkan sebuah meneliti dari 1.500 orang berusia 45 hingga 90 tahun membuktikan, bahwa mereka yang mengonsumsi omega 3 lebih tinggi dari omega 6 cenderung mempunyai kepadatan tulang yang rendah.

Karena secara umum, dengan asupan omega 6 serta omega 3 yang baik harus berada di kisaran rasio 4:1 atau perbandingan nya 4:1.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mudah menjaga kesehatan tulang yang telah saya jelaskan di atas, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua dan agar bisa mengatasi masalah tulang dengan mudah.

Related posts