Tutorial Cara Merawat Ikan Mas Koki di Aquarium Terbaik

  • Whatsapp
cara merawat ikan mas koki di aquarium

Hayo, siapa yang lagi mencari hewan peliharaan di rumah tetapi yang tidak membuat rumah berhamburan?. Ikan mas koki dapat jadi opsi Kamu. Ditaruh di akuarium ataupun fish bowl, sang bundar yang biasanya bercorak totol-totol merah oranye telah dapat berkeliaran dengan tenang. Tetapi, untuk cara merawat ikan mas koki di aquarium yang satu ini dapat dibilang gampang-gampang sulit. Yang diperlukan merupakan ketelatenan pemiliknya.

Apabila dirawat dengan baik, ikan air tawar ini dapat hidup sampai 3 tahun lebih serta mengasyikkan buat dipajang serta ditatap. Apa aja yang wajib dicermati dikala merawatnya?. Berikut Kami merangkumnya dari halaman Liputan137.

Pilih-pilih Wadah

Ikan mas koki dapat ditempatkan di akuarium berupa kotak ataupun di mangkuk. Namun, yakinkan ukurannya lumayan besar sebab peliharaan Kamu hendak berkembang besar. Apabila Kamu berencana membeli lebih dari satu ikan, membeli akuarium ialah opsi yang lebih baik. Ukurannya wajib disesuaikan dengan zona permukaan yang lumayan supaya oksigen dapat terserap.

Penentuan besar akuarium juga wajib memikirkan kebutuhan ruang buat meletakkan aksesori. Di samping, ikan juga membutuhkan ruang yang lumayan buat dapat bergerak ke situ ke ayo. Ingat, mayoritas ikan mas koki lumayan enerjik.

Pilih Aksesori yang Mungkin Cocok

Akuarium yang dibeli juga hendaknya telah mempunyai penutup. Gunanya buat menghindari ikan melompat ke luar ataupun debu dari luar masuk ke dalam akuarium. Kamu juga memerlukan pompa ataupun pembentuk gelempung supaya air terus terisi oksigen.

Aksesori selanjutnya merupakan suatu filter buat mensterilkan air dari senyawa kimia beresiko serta limbah. Menyimpan batu-batuan di bawah juga disarankan sebab dapat jadi tempat tumbuh biak kuman baik. Ohya, Kamu juga dapat meningkatkan tumbuhan air buat memecah toksin serta merendahkan perkembangan alga.

Memilih riasan yang membolehkan ikan mas koki dapat berenang melaluinya ataupun bersembunyi sedangkan waktu. Jangan taruh benda-benda yang tajam yang dapat membahayakan ikan mas koki Kamu.

Siapkan Rumah pada Jauh-jauh Hari

Saat sebelum membeli ikan mas koki, langkah awal yang wajib disiapkan merupakan rumahnya terlebih dahulu. Dikala mensterilkan akuarium serta segala aksesori, Kamu dapat memakai deterjen yang lembut. Berikutnya, letakkan akuarium di tempat yang menemukan cahaya matahari tidak langsung pada siang hari. Tata aksesori tersebut di dalamnya saat sebelum diisi air.

Air yang hendak dipakai wajib disiapkan terlebih dahulu. Kamu dapat memakai air keran, namun wajib didiamkan sebagian hari saat sebelum dapat dihuni supaya klorin dapat terlarut seluruhnya. Air juga hendaknya didiamkan sebagian hari supaya suhunya konstan.

Jaga Keadaan Air

Ikan mana juga perlu air buat hidup, tercantum ikan mas koki. Hingga, perawatan air sangat krusial buat melindungi kesehatan ikan. Konsumsi filter hendak lebih mempermudah dalam melindungi mutu air.

Kamu juga butuh membuang sebagian air di akuarium serta mengubahnya dengan yang baru. Jumlahnya dekat sepertiga dari isi akuarium. Yakinkan air penggantinya telah didiamkan sebagian hari saat sebelum Kamu mengisinya ke dalam akuarium.

Jaga Kebersihan pada Akuarium

Ikan mas koki tercantum ikan yang lumayan berhamburan. Jadwalkan pembersihan teratur akuarium supaya senantiasa terpelihara. Tidak cuma itu, Kamu juga wajib mensterilkan seluruh aksesori, melenyapkan lendir, limbah, serta alga.

Metode Berikan Makan

Ikan mas koki lumayan diberi makan sekali satu hari. Kamu dapat membeli sebagian berbagai tipe pakan di toko serta memberikannya secara bergantian. Berilah pakan seperlunya supaya mereka tidak hingga kekenyangan. Lagipula, pakan yang tidak termakan hendak membuat akuarium lebih kilat kotor.

Jangan Meracuni Ikan

Aksi sembrono owner dapat berdampak parah untuk ikan mas koki, semacam menyemprotkan semprotan nyamuk dekat akuarium. Kandungannya dapat meracuni ikan.

Jangan pula memakai aksesori berbahan metal di dalam akuarium sebab logam dapat terlarut serta meracuni ikan Kamu. Hati-hati pula dikala menempatkan objek yang Kamu ambil dari tepi tepi laut sebab dapat memiliki kuman jahat. Terakhir, jauhi Kerutinan mengetuk-ngetuk cermin akuarium ataupun membuat bunyi-bunyian yang berisik sebab dapat menimbulkan ikan tekanan pikiran.

Perhatikan Isyarat Kesakitan

Selaku owner, biasanya hendak mengerti terdapat yang tidak beres pada ikan miliknya. Tanda-tandanya dapat nampak dari badan ikan yang bergetar, konstan menggesekkan badan pada objek di akuarium, kerap timbul ke permukaan, serta berenang tidak wajar jadi sederet tanda-tanda ikan Kamu sakit.

Penyakit yang kerap timbul di antara lain, wasir, berjamur, cacingan, serta busuk sirip. Kamu dapat mengobatinya sendiri dengan obat-obatan yang dapat dibeli di toko hewan. Apabila tidak percaya, Kamu dapat bertanya dengan dokter hewan.