5 Manfaat Berinvestasi yang Akan Didapatkan

  • Whatsapp

Investasi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh investor di mana uang yang dialokasikan diharapkan bisa bertumbuh. Dengan tujuan menghasilkan keuntungan berupa peningkatan nilai sepanjang waktu lewat berbagai instrumen investasi pilihan. Meski setiap instrumen investasi yang dipilih menawarkan cara kerja, risiko, dan keuntungan yang berbeda-beda, namun fundamentalnya tetap sama, yakni mengalokasikan uang dengan harapan uang tersebut bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

Investasi ini sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan tersebut akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi. Seorang yang berinvestasi disebut dengan investor atau penanam modal. Investasi erat kaitannya dengan bisnis, namun diluar itu ada banyak investasi yang tidak terikat bisnis. Ada banyak investasi non bisnis yang belakangan diminati oleh masyarakat dengan tujuan investasi untuk meningkatkan nilai aset yang dimiliki.

Read More

Tujuan investasi bukan untuk menjadikan seorang investor cepat kaya, bagaimanapun investasi harus dijalani dengan sabar, komitmen yang kuat serta tetap tenang ketika pasar berfluktuasi. Tapi bukan berarti investasi tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek. Ada banyak investasi jangka pendek yang juga sangat menguntungkan sama dengan investasi jangka panjang.

Bukan rahasia lagi bila investasi bisa membuat Anda menghindari tekanan inflasi yang tiap tahun terjadi. Dalam rangka membuat uang Anda bertumbuh sepanjang waktu, uang tersebut harus meraup tingkat suku bunga yang cukup setelah dipotong pajak yang tentunya lebih tinggi dari tingkat inflasi.Sekarang ini rata-rata tingkat suku bunga tabungan terbilang rendah dan sulit. Jadi, sangat layak bagi Anda untuk mempertimbangkan investasi yang mampu menghindarkan Anda dari tekanan inflasi. Banyak sekali berita- berita yang menarik lainnya hanya di hanya di http://www.gemarinvestasi.com/.

Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Meski mungkin masih lama bagi Anda, namun hal ini tidak boleh luput dari perencanaan finansial Anda dari sekarang. Apalagi, biaya pendidikan tidak pernah murah. Sekarang saja harganya sudah sangat mahal, bagaimana bila nanti di masa depan? Maka dari itu, cobalah berinvestasi untuk membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin dari sekarang. Perlahan tapi pasti bila Anda rutin berinvestasi, manfaat investasi akan sangat terasa dalam perjuangan Anda mempersiapkan biaya pernikahan anak di masa mendatang.

Mempersiapkan Dana Pensiun

Kita tidak akan bisa bekerja seumur hidup. Tentu ada kalanya kita harus pensiun khususnya di usia yang dianggap sudah kurang produktif. Orang-orang banyak yang belum merencanakan pensiunnya hendak melakukan apa.

Tapi yang jelas, bila Anda sudah mempersiapkan dana pensiun dari awal, itu artinya Anda bisa menikmati hari tua tanpa adanya gangguan finansial, bukan? Oleh karena itu, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mulai mendanai dan memanfaatkan efek compounding dalam perjuangan Anda mempersiapkan dana pensiun.

Mencapai Financial Freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus aktif bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya.

Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan. Tidak ada orang yang tidak ingin mencapai financial freedom dari hidupnya. Salah satu hal yang mendekatkan Anda pada tahap hidup yang satu ini adalah dengan berinvestasi.