by

Pengertian dari Investasi Jangka Panjang, Manfaat dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Ingin tahu apa pengertian dari investasi jangka panjang, manfaat, beserta jenis-jenisnya? Investasi erat kaitannya dengan kekayaan dan risiko atas dana yang dimiliki. Di mana dana dan kekayaan ditujukan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Manfaat investasi pun beragam sesuai jenis yang dipilih, baik itu investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Namun sebelum membahas manfaat dan jenisnya, sebaiknya pahami lebih mendalam mengenai investasi jangka panjang.

Pengertian dari Investasi Jangka Panjang

Pengertian dari investasi jangka panjang adalah suatu investasi dana dalam waktu cukup lama minimal 1 tahun. Bisa juga diartikan sebagai penanaman sebagian modal terhadap perusahaan atau perorangan dengan harapan mendapatkan persentase keuntungan.

Secara umum, pengertian dari investasi jangka panjang berkaitan erat dengan tabungan di masa tua. Sehingga setiap orang perlu memiliki tabungan jangka panjang agar masa tuanya nanti lebih terjamin. Investasi jangka panjang sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan seseorang.

Masing-masing jenis investasi akan memberikan return yang berbeda-beda yang disesuaikan atas nilai investasi itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting memilih investasi yang tepat sesuai tujuan dan kondisi finansial.

Manfaat Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang dapat memberikan jaminan masa depan yang lebih cerah dan meningkatkan nilai aset kekayaan. Dana investasi yang bernilai tinggi, seringkali akan memberikan nilai aset yang semakin lama semakin meningkat. Sehingga di masa depan, Anda bisa merasakan hidup lebih santai dengan tabungan yang mencukupi.

Kondisi ini merupakan hasil investasi yang dilakukan saat masa muda dan membuat Anda tanpa perlu khawatir lagi akan kondisi finansial. Manfaat investasi jangka panjang lainnya adalah terhindar dari inflasi yang mampu mempengaruhi kondisi ekonomi.

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa jenis investasi untuk jangka panjang yang yang bisa Anda pilih sebagai jaminan dana di masa tua. Inilah jenis-jenis investasi dana untuk masa depan.

1. Emas

Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang sudah begitu umum dilakukan masyarakat. Mengingat logam mulia emas 99,99% sangatlah berharga dan langka, serta keberadaannya juga bisa diterima di semua kalangan. Emas memiliki nilai jual yang stabil dan mudah untuk diuangkan.

2. Properti

Selain emas, investasi properti juga begitu diminati mulai dari kalangan bawah hingga atas. Contoh investasi jangka panjang atas properti seperti rumah, tanah, ruko, apartemen, sawah dan lain-lain.

3. Reksa Dana

Perusahaan Reksa Dana adalah salah satu perantara untuk jenis investasi yang dilakukan investor. Jika dana yang sudah terkumpul dari para investor berjumlah banyak, maka hal ini akan meningkatkan posisi tawar menawar atas Reksa Dana tersebut.

4. Saham

Saham erat kaitannya dengan dana yang diperoleh suatu perusahaan atas investasi para investor. Caranya adalah dengan pengeluaran atau penerbitan saham oleh perusahaan tersebut.

5. Program Pensiun

Sesuai namanya, investasi dana ini ditujukan bagi mereka yang sudah tiba di masa pensiun. Ketika di kondisi tersebut, maka investor akan mendapatkan sejumlah dana dari hasil pengembangan pihak perusahaan asuransi dana. Sistem investasi ini hampir mirip dengan simpanan bank, namun dengan bunga yang dinilai lebih besar.

6. Asuransi

Asuransi berasal dari kata Insurance yang bermakna pertanggungan dari perusahaan asuransi atas tertanggung. Di mana nantinya, penanggung harus bersedia menanggung kerugian tertanggung atas apa yang sudah disepakati.

Itulah tadi pengertian dari investasi jangka panjang, manfaat, beserta jenisnya. Berbagai kebutuhan di masa yang akan datang tetap bisa dikondisikan seperti biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan, dan sebagainya. Memiliki jaminan investasi jangka panjang membuat Anda hanya perlu mengatur kondisi keuangan saat ini.

News Feed