7 Cara Agar Anak Suka dan Mau Main Alat Musik Tradisional

  • Whatsapp

Memiliki minat yang besar pada musik tradisional, Anda juga tentu ingin mengenalkan hal tersebut pada si kecil. Hal ini tidak salah, selama Anda melakukannya dengan cara yang tepat sejak awal.

Namun pada kenyataannya, tidak semua anak menyukai musik tradisonal. Saat ini ada banyak mainan dan jenis musik populer yang jauh lebih menarik untuk sebagian besar anak-anak.

Jangan ragu mengenalkan alat musik pada anak

Jika Anda ingin mengenalkan musik tradisional pada anak, maka Anda bisa memulainya dengan mengenalkan alat musiknya terlebih dahulu. Lakukan hal ini dengan tepat, agar anak-anak Anda mudah menerima dan menyukainya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan alat musik tradisional pada anak:

  1. Biasakan anak mendengar musik sejak dini

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan membiasakan anak mendengarkan musik tradisional sejak dini. Perdengarkan musik-musik tradisional ini sejak dini pada anak-anak Anda.

Anda bisa melakukan ini sejak mereka masih bayi, sehingga lebih mudah untuk membiasakannya. Misalnya, menjadikan musik tradisional sebagai musik mengantar tidur si kecil.

  1. Kenalkan sejak kecil

Jika usia anak sudah cukup dan mereka sudah mulai aktif, maka Anda bisa mulai mengenalkan alat musik tradisonal kepada anak-anak Anda. Hal ini akan membuat mereka lebih familiar dengan berbagai peralatan tersebut.

Saat ini, ada banyak alat musik yang dikemas modern dan simpel dalam bentuk mainan. Anda bisa memulainya dengan mengenalkan alat musik seperti ini sejak anak Anda masih batita.

  1. Pilih alat musik yang tepat

Meski sangat ingin mengenalkan alat musik tradisional kepada anak, pastikan Anda tidak terburu-buru dalam melakukan hal ini.

Hindari alat musik yang sebenarnya, jika memang belum sesuai dengan usia anak Anda. Penting untuk memilih alat musik yang tepat dan menggunakan bahan baku yang aman, agar anak Anda selalu aman ketika memakainya.

  1. Jangan memaksa

Hindari untuk memaksa anak Anda menyukai atau memainkan alat musik tertentu, apalagi yang mereka tidak sukai sama sekali. Hal ini akan membuat anak-anak menjadi tidak tertarik untuk memainkannya.

  1. Tanya apa yang disukai anak

Jangan membeli alat musik dengan terburu-buru dan sekehendak Anda saja. Biasakan untuk mendengar pendapat anak, termasuk saat Anda akan membelikan anak sebuah alat musik tradisional.

Diskusikan dengan anak tentang hal ini terlebih dahulu, sehingga Anda memahami minat mereka sejak awal. Hal ini akan memudahkan Anda memilih dan membeli alat musik yang tepat.

  1. Ajari anak memainkannya

Setelah Anda membelikan alat musik, anak Anda tentu belum akan bisa memainkannya sendiri. Anda perlu mengajari mereka bagaimana cara memainkan alat musik tersebut.

  1. Cari tempat belajar yang tepat

Selain mengajari anak secara mandiri, Anda juga bisa memberinya kesempatan untuk belajar alat musik tradisional ini dari orang lain.

Carilah guru yang tepat dan benar-benar menguasai alat musik tersebut dengan baik, sehingga Anda bisa belajar dengan baik hingga mahir.

Kenalkan dan buat anak Anda suka alat-alat musik tradisional

Bagi Anda yang memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengenalkan alat-alat musik tradisional pada anak-anak Anda.

Pilih alat musik yang tepat dan benar-benar disukai oleh anak Anda, sehingga mereka bisa belajar dan menyukainya dengan cara yang menyenangkan.

Related posts