by

Arti Literasi dan Manfaat Literasi

Bunda Literasi – Apa yang di maksud literasi adalah  suatu kemampuan seseorang  untuk menggunakan potensi keterampilan  dalam mengolah  dan memahami informasi  saat melakukan  aktivitas membaca  dan menulis.

Secara etimologis, istilah literasi  belasal dari bahasa  latin “Literatus” artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, arti literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis. Pendapat lain mengatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan individu  dalam mengolah  dan memehami  informasi ketika  melakukan kegiatan  membaca,  menulis,  berhitung serta memecahkan masalah  dalam kehidupanya  sehari-hari. Baca juga [Bunda Literasi Indramayu].

Manfaat Literasi

Melihat tujuan literasi yang begitu baik, tentunya masyarakat akan mendapatakan berbagai manfaat darinya. Adapun beerapa manfaat  literasia adalah  sebagai berikut,:

  1. Menambah perbendaharaan kata seseorang.
  2. Mengoptimasikan kerja otak karena sering digunakan  untuk kegiatan membaca  dan menulis.
  3. Mendapat berbagai wawasan  dan informasi baru.
  4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
  5. Kemampuan memehami makna  suatu informasi  akan semakimn meningkat .
  6. Meningkatkan Kemampuan verbal seseorang .
  7. Meningkatkan kemampuan  analisis dan berpikir seseorang.
  8. Membantu meningkatkan  daya focus dan kemampuan konsenterasi seseorng.
  9. Meningkatkan kemampuan  seseorng dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis

Setelah memahami apa pengertian literasi, tentunya kita sudah punya gambaran mengenai  tujuan literasi. Ada  beberapa tujan literasi sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan secara membaca berbagai informasi bermanfaat.
  • Membantu meningkatkan tingkat pemahaman  seseorang dalam  memberikan kesimulan  dari informasi  yang di baca.
  • Meningkatkan kemampuan  seseorang dalam memberikan  penilaian kritis  terhadap suatu karya tulis.
  • Membantu menumbuhkan  dan mengembangkan budi pekerti  yang baik  di dalam diri seseorang.
  • Meningkatkan  nilai kepribadian seseorang  melalui kegiatan  membaca dan menulis.
  • Menumbuhkan dan mengembangkan  budaya listerasi  di tengah-tengah masyarakat secara luas.
  • Membantu meningkatkan kualitas  penggunaan waktu  seseorang hingga lebih bermanfaat.

Meski penggunaan istilah literasi sudah sangat umum,  namun pada dasarnya  istilah tersebut  tetap tertuju pada kemampuan  dasar seseorang  dalam membaca  dan menulis. Mengacu pada arti literasi adalah beberapa jenis literasi Diantaranya.

  1. Literasi Dasar

 Literasi dasar adalah kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berhitung. Tujuan literasi dasar adalah untuk mengopi masiak seseoarang dalam membaca, menulis berkomunikasi dan berhitung.

  1. Literasi Media

Literasi media adalah kemampuan dalam mengetahui  dalam memahami  berbagai bentuk media (media elektronik, media cetak, dan lain-lain) dan memahami cara  penggunaan setiap media tersebut.

  1. Literassi Perpustakaan

Literasi perpustakaan  adalah kemampuan  dalam memahami dan  membedakan karya tulis  bebentuk fisik  dan non fosisk, memahami cara menggunakan katalog dan indeks,  serta kemampuan  memahami informasi ketika membuat  suatu karya tulis  dan penelitian.

  1. Literasi Visual

Literasi visual adalah pemahaman  yang lebih kemampuan dalam menginterpretasi dan memberi makna justru informasi  yang berbentuk gambar  atau visual. Literasi visual hadir dari pemilkiran  bahwa suatu gambar  bisa di baca   dan artinya bisa  dikomunikasikan  dari proses membaca.

  1. Literasi Teknologi

Litersai teknologi adalah kemampuan  dalam mengetahui  dan memahami hal-hal  yang berhubungan dengan teknologi (misalnya  hardware dan software), mengerti  cara menggunakan internet, serta memahami  etik dalam  menggunakan teknologi.

Dari  penjelasan dia atas dapat di simpulkan  bahwa literasi  bukan hanya  sekedar kemampuan membaca dan menulis  karena melibatkan pengetahuan bahasa(lisan dan tulisan), kemampuan kognitif, serta  pengetahuan  mengetahui mengenai  genre dan kurtural.

Demikian  penjelasan ringkasan  arati  literasi, tujuan manfaat, dan beberapa prinsipnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

Comment

News Feed