by

Atasi Luka Bakar Segera dengan Menggunakan Bahan-bahan Alternatif

Penderita luka bakar akan tersiksa oleh rasa nyeri dan panas yang luar biasa. Bahkan, beberapa orang kesulitan untuk bergerak saat memiliki luka bakar. Sehingga, wajar jika luka bakar merupakan salah satu luka yang perlu mendapatkan penanganan serius agar bisa disembuhkan lebih cepat.

Untuk menyembuhkan luka bakar, Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang alami selain menggunakan salep luka bakar dari apotik terdekat. Bahan-bahan tersebut tidak hanya berguna untuk obat luka untuk anak saja melainkan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Apa sajakah bahan herbal yang dimaksud? Inilah beberapa diantaranya :

Arang aktif

Arang merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Sifat arang aktif mampu membantu mencegah infeksi dan membersihkan luka dari benda-benda asing. Anda dapat menggunakan arang untuk membantu mengatasi luka bakar dengan cara mencampurnya bersama ramuan minyak seperti minyak zaitun. Oleskan campuran arang dan minyak agar luka bakar terbebas dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Jika ada serpihan yang menempel di kulit saat luka bakar terjadi, aplikasikan salep arang aktif dan tutuplah dengan menggunakan perban yang bersih selama beberapa jam. Nantinya, serpihan tersebut akan keluar tertarik oleh ramuan arang aktif yang Anda gunakan bersamaan dengan dicabutnya perban.

Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu jenis minuman yang disukai oleh banyak orang. Rasanya yang khas dan khasiatnya yang mampu memberikan rasa tenang jadi alasan mengapa chamomile disukai banyak orang. Tapi, tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan chamomile sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar.

Kemampuan chamomile sebagai anti inflamasi dan antimikroba membuatnya mampu menjaga luka bakar dari bakteri penyebab infeksi. Penggunaan chamomile pada luka bakar juga bisa membantu meredakan rasa nyeri karena peradangan. Gunakan kantong teh chamomile yang masih lembab dan tempelkan pada area luka bakar. Diamkan selama beberapa saat sampai chamomile menyerap secara penuh. Lakukan secara rutin agar proses penyembuhan luka bakar bisa berjalan secara efektif.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/tips-agar-luka-cepat-kering

Comment

News Feed