Cara Aman Mengonsumsi Pisang untuk Penderita Diabetes

  • Whatsapp
pisang kepok

Buah pisang merupakan salah satu buah dengan rasa manis yang disukai banyak orang. Akan tetapi rasa manis pada umumnya menjadi ancaman bagi penderita diabetes. Sehingga hal tersebut membuat penderita diabetes takut mengonsumsi pisang karena dirasa terlalu manis dan juga mempunyai kandungan gula tinggi. Pisang juga mempunyai karbohidrat tinggi, sehingga dapat berakibat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Akan tetapi walaupun begitu, bagi penderita diabetes tidak perlu takut untuk tetap mengonsumsi pisang. Justru salah satu manfaat buah pisang juga baik untuk penderita diabetes.

Manfaat Pisang untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak perlu takut akan rasa manis yang ada dalam buah pisang, termasuk juga pisang kepok yang mempunyai rasa manis ketika dikonsumsi. Pisang kepok mentah mempunyai kandungan gula indeks glikemik sebanyak 30. GI tersebut termasuk sedikit, sehingga dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu pisang juga mempunyai kandungan pektin yang merupakan jenis serat untuk membuat daging bentuk struktural. Kandungan gula dalam pisang yang memberikan rasa manis buah ini juga berasal dari bahan alami, sehingga akan lebih aman dikonsumsi.

Manfaat pisang kepok sisir yang bisa dirasakan untuk penderita diabetes adalah:

  • Pisang mempunyai kandungan rendah kalori tetapi nutrisi yang baik. Buah pisang mempunyai kandungan kalium, serat, vitamin c, vitamin B, dan mangan.
  • Mengonsumsi pisang dapat mengurangi resiko penyakit kronis yang dapat terjadi karena komplikasi diabetes.
  • Pisang mempunyai kandungan serat tinggi sehingga mencegah gula darah yang bisa naik mendadak. Dalam satu buah pisang kepok mempunyai kandungan 3 gram serat.
  • Pisang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga penyerapan kalori akan terkendali.

Cara Konsumsi Pisang dengan Aman untuk Penderita Diabetes

Walapun tidak berbahaya untuk penderita diabetes, akan tetapi tetap pastikan untuk mengonsumsinya dalam takaran yang tepat. Satu buah pisang kepok yang dimakan akan setara dengan 2 lembar roti tawar. Sehingga tetap perhatikan takaran dan waktu mengonsumsi pisang agar tidak membahayakan kesehatan untuk penderita diabetes. Salah satunya apabila mengonsumsi pisang dan sandwich secara bersamaan, maka jangan langsung menghabiskannya sekaligus. Menurut rekomendasi dari American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes boleh mengonsumsi pisang adalah dengan takaran dan kandungan karbohidrat yang tidak berlebihan. Bahkan untuk ukuran pisang juga harusnya diperhatikan yaitu buah pisang kepok yang mempunyai panjang tidak lebih dari 15 cm.

Cara Konsumsi Pisang yang Tepat

Ketika mempunyai pisang kepok sisir, bagi yang mempunyai diabetes juga perlu memperhatikan cara konsumsi yang disarankan. Seperti menurut Diabetes UK, cara proses yang aman mengonsumsi buah pisang adalah dengan dibuat smoothie. Jus buah dan smoothie mempunyai bentuk kurang padat, sehingga akan lebih mudah untuk dikonsumsi dan bisa habis dalam waktu singkat. Dengan mempunyai waktu singkat untuk mengonsumsinya akan membuat asupan kalori dan karbohidrat lebih besar. Apabila dibuat menjadi smoothie atau jus juga akan membuat kandungan serat pisang berkurang.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa buah pisang yang rasanya manis tidak perlu ditakuti oleh penderita diabetes. Anda masih bisa mengonsumsi pisang kepok sisir ataupun jenis lainnya asalkan dalam takaran tepat dan cara mengonsumsinya juga perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan buah pisang yang bisa dikonsumsi tersebut, gunakan pembelian yang mudah yaitu secara online. TaniHub bisa menjadi pilihan tempat untuk membeli buah pisang dengan keunggulan mulai dari harga bersaing, pengiriman satu hari, dan banyak diskon.

Related posts