Inilah Cara Membangun Bisnis dalam Skala Besar Ala Elon Musk

  • Whatsapp
Bisnis Ala Elon Musk

Dalam dunia bisnis tentu perlu berbagai cara untuk bisa survive dan terus berkembang. Dengan semakin berkembang ini tentu nantinya kamu bisa menikmati hasil yang maksimal. Tentu, untuk melakukan hal seperti ini kamu perlu belajar pada orang yang telah berhasil dalam membangun bisnisnya seperti Elon Musk.

Dalam dunia mobil dan juga uang digital rasanya tidak asing lagi dengan nama tersebut. Elon Musk merupakan pemilik dari Tesla yang sukses membuat mobil dengan tenaga listrik. Tidak hanya itu, dia juga orang yang punya kekayaan besar karena memiliki Bitcoin dalam jumlah yang sangat besar. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh Elon Musk dan berikut juga saran yang perlu dilakukan agar bisa membangun bisnis seperti dia.

Produk Berbeda

Menurut Elon Musk dalam membangun suatu bisnis itu perlu yang namanya ide yang kreatif. Bentuk kreativitas ini tentu dapat ditunjukkan dengan produk yang berbeda dari yang lainnya. Seperti halnya Tesla dimana produk mobil lainnya memproduksi dengan bahan bakar premium atau sejenisnya.

Tetapi dia sendiri membangun sebuah bisnis dengan membuat mobil dengan tanpa bahan bakar tetapi menggunakan tenaga listrik. Hal seperti ini tentu sangatlah berbeda sehingga mampu menarik konsumen untuk membelinya. Tidak hanya berbeda, dia juga berpikir dengan mobil listrik ini tentu akan lebih ramah lingkungan daripada mobil berbahan bakar.

Siap Di Kritik

Selain membuat produk yang berbeda maka kamu juga harus siap di kritik oleh orang lain. Bentuk kritik ini tentu akan sangat berharga bagi kamu untuk membuat produk yang lebih bagus dari sebelumnya. Menurutnya, kritik seperti ini tentu akan membuatnya semangat bersemangat untuk membuat produk terbaru yang pastinya inovatif.

Dalam hal di kritik ini tentu kamu harus melupakan kepentingan pribadi dan tidak boleh terbawa emosi. Sehingga siapapun yang mengkritik diam dan dengarkanlah, jika itu membangun maka lakukan dan jika tidak maka tinggalkan. Itulah nasehat yang disampaikan oleh pemilik Tesla itu.

Berpartisipasi

Sebagai seorang CEO, Musk tidak lantas duduk manis di kantor sambil menikmati secangkir kopi dan di depan laptop. Tetapi dia lebih banyak terjun di bisnis pembuatan mobil ini sendiri dan memberikan sentuhan yang lebih inovatif. Sehingga bagi dia menjadi CEO itu hanya nama tetapi kenyataanya tetap harus turun dan menguasai semua bidang.

Baginya menjadi CEO itu harus mengetahui segala hal meskipun tidak semuanya. Sehingga, ketika ada seseorang karyawannya yang melakukan kesalahan dengan mudah ia tegur dan memberikan nasehat untuk memperbaikinya.

Kesamaan Budaya Karyawan

Baginya ketika akan merekrut karyawan maka harus punya visi dan misi yang sama. Hal-hal seperti ini dia tekankan di bagian awal agar para karyawan bisa bekerja secara bersama-sama. Dia lebih mengutamakan kerja tim daripada hanya kerja sendiri dalam menjalankan segala tugasnya.

Sehingga, ketika kamu ingin merekrut karyawan carilah yang punya skill bukan berdasarkan pada ijazah yang diperoleh. Umumnya, ijazah tidak menunjukkan skill yang dimiliki seseorang sebab hal itu bisa diperoleh dengan membeli atau copas dari berbagai macam media yang ada.

Itulah beberapa hal terkait membangun bisnis ala pemilik Tesla, Elon Musk. Semua nasehat dia ini bisa dituruti dan juga dijadikan pelajaran agar dalam membangun bisnis bisa sesuai harapan. Semua yang dikatakan tentu berdasarkan apa yang telah dipraktekkan dan bukan hanya sekedar teori belaka. Untuk membaca berbagai hal terkait pengembangan bisnis dan lainnya bisa kunjungi situs baaca.id.

Related posts