by

Kenali Tips Memilih Earphone dan Headphone Berkualitas

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, headphone dan earphone menjadi salah satu alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. kedua jenis benda tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media input dan output suara. Semakin maraknya kebutuhan manusia terhadap earphone, membuat para developer semakin gencar menghasilkan produk earphone yang berkualitas secara terus menerus. Karena semakin banyaknya produk yang tersedia di pasaran, mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk earphone. Untuk itu, yuk kenali apa saja tips memilih earphone dan headphoneyang baik dan tahan lama.

Earphone sendiri memiliki dua jenis, yaitu ada yang In-Ear Monitor atau IME dan ada juga yang berjenis Earbud. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah untuk itu daripada salah pilih produk, yuk simak informasi berikut ini.

4 Tips Memilih Earphone dan Headphone yang Harus Anda Ketahui

Sebelum membeli headphone atau earphone, pastikan untuk mengetahui apa saja tips dalam memilih earphone agar tidak terjadi kerugian yang bisa Anda alami. Selain itu, Anda juga berkunjung ke laman PickyBest untuk mendapatkan rekomendasi earphone dan headphone yang berkualitas.

  1. Pilihlah Bentuk Earphone atau Headphone yang Membuat Anda Nyaman

Anda bisa memilih earphone terbaik versi Anda, karena hal in bergantung pada kenyamanan dan selera dari Anda sendiri. Pastikan untuk memilih bentuk yang sesuai dengan selera dan tentunya jenisnya harus nyaman di telinga Anda. Anda bisa memilih earphone jenis IEM yang bisa menutup seluruh lubang telinga atau bisa membeli jenis Earbud yang hanya menempel di lubang telinga.

  1. Ketahui Spesifikasi Earphone dan Headphone yang Akan Dibeli

Spesifikasi menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam membeli sebuah barang elektronik, salah satunya jika ingin membeli headphone atau earphone. Anda harus memperhatikan jenis frekuensi, sensitivitas dari jenis produk yang akan dibeli, dan pastikan juga untuk mengetahui impedancenya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui kemampuan earphone tersebut dalam merespon frekuensi dari gelombang suara. Semakin besar earphone tersebut menangkap frekuensi suara, semakin bagus kualitasnya.

  1. Sesuaikan Antara Harga dengan Spesifikasi

Setelah mengetahui spesifikasi earphone yang bagus, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyesuaikan harga dengan spesifikasi dari produk yang akan dibeli. Hal ini harus diperhatikan agar tidak terjadi kerugian dalam pembelian barang. Biasanya, semakin tinggi spesifikasi dan kualitas dari headphone atau earphone akan semakin mahal juga harganya. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena dengan membeli produk yang berkualitas, Anda tidak akan merasa rugi. Beda halnya jika Anda membeli barang yang murahan dengan harga tinggi, pasti akan rugi besar. Anda juga harus mengetahui apakah barang itu asli atau hanya KW.

  1. Ketahui Jenis Audio Apa yang Akan Didengarkan dengan Earphone dan Headphone Tersebut

Setelah menimbang beberapa hal, jangan lupa untuk mengetahui jenis audio apa yang akan Anda dengarkan dengan menggunakan earphone tersebut. Apakah untuk mendengarkan musik atau untuk hal lainnya. Hal ini sangat berpengaruh karena bisa saja saat menggunakan earphone biasa dan barang itu tidak bisa berfungsi saat digunakan untuk bermain game.

Selain itu, jika Anda hanya ingin menggunakan headphone yang dibeli untuk mendengarkan musik  saja, pastikan untuk mengetahui spesifikasi dari jenis musik yang Anda sukai. Misalnya jika Anda gemar mendengarkan musik bergenre Hip Hop atau metal, maka earphone yang cocok adalah yang berjenis warm. Jenis warm memiliki output dengan kecenderungan bass dan sangat cocok untuk musik jenis ini.

Nah, itulah 4 tips memilih earphone dan headphone yang bisa Anda kenali sebelum membelinya. Untuk informasi mengenai jenis earphone atau headphone yang berkualitas, jangan lupa untuk berkunjung ke PickyBest. Bagaimana menurut Anda?

News Feed