Lakukan Hal Ini Supaya Mimpi Buruk Tidak Terjadi Lagi

  • Whatsapp

Mimpi memang sering sekali disebut sebagai bunga tidur, mimpi yang pernah dialami oleh beberapa orang seperti mimpi jatuh, mimipi gigi copot, mimpi digigit ular, dan mimpi di kejar binatang bisa menjadi sebuah pertanda.

Sebenarnya kondisi yang satu ini cukup wajar jika terjadi, tapi ada juga beberapa mimpi yang terjadi karena stress. Jika mimpi yang terjadi pada diri Anda ini disebabkan oleh stress pastinya tidak baik jika Anda biarkan terus menerus.  Apalagi jika mimpi buruk itu sering menghampiri Anda.

Mimpi buruk ini tentu saja bisa sangat mengganggu diri Anda. Supaya diri Anda tidak terganggu Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya mimpi buruk ini tidak menghampiri tidur Anda. Yuk langsung saja simak penjelasannya:

  • Terapi secara psikologi

Saat ini sudah banyak sekali terapi psikologi yang bisa membuat Anda untuk keluar dari keadaan sering mimpi buruk diantaranya:

  1. Image rehearsal therapy

Terapi yang satu ini dilakukan dengan cara pendekatan, biasanya sang ahli nanti akan meyuruh Anda untuk menuliskan mimpi buruk apa yang sering Anda alami. Setelah itu nanti akan diminta untuk melakukan reka ulang mimpi buruk tersebut bersama dengan ahli dan dilakukan dalam keadaan sadar. Terapi ini dilakukan supaya akhir dari jalan cerita di mimpi Anda ini berubah secara alami. Jadi dampak dari mimpi buruk tersebut tidak akan terlalu berdampak pada kehidupan Anda.

  1. Lucid dreaming therapy

Terapi yang satu ini akan membuat Anda sadar ketika Anda sedang bermimpi. Jadi terapi ini akan membuat Anda tidak bisa untuk memodifikasi cerita dari mimpi buruk yang sedang Anda alami. Nantinya Anda akan merubah mimpi buruk Anda ini jadi lebih positif secara alami. Jadi ketika nanti mimpi buruk itu tiba-tiba datang lagi Anda sudah tidak merasa takut lagi.

  1. Hipnosis

Terapi yang satu ini dilakukan dengan cara berbicara dengan seorang ahli supaya perasaan Anda jadi lebih nyaman dan juga santai. Dengan bercerita menjadikan Anda ini berfikir lebih positif, dengan berfikir positif pastinya Anda akan terasa lebih nyaman dan tenang.

  1. Relaksasi otot secara progresif

Walaupun Anda tidak berbicara secara langsung, terapi yang satu ini juga bisa Anda gunakann untuk mengatasi mimpi buruk yang sering Anda alami. Terapi yang satu ini dilakukan dengann cara relaksasi supaya fikiran dan tubuh jadi lebih tenang. Ketika Anda melakukan terapi ini ikuti perintan yang dilakukan supaya diri Anda jadi relaks. Cara yang satu ini cukup ampuh loh untuk mengurangi stress.

  • Penggunaan obat-obatan

Selain menggunakan terapi, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Dokter ini akan merekomendasikan obat sesuai dengan kondisi Anda. Biasanya obat yang direkomendasikan oleh dokter adalah antidepresi, antipsikotik, dan anti kecemasan. Hal yang wajib Anda tahu jika Anda mengkonsumsi obat ini, Anda bisa mengalami efek samping. Jadi jangan sembarangan saat akan mengkonsumsi obat ini, konsultasikan lah dengan dokter yang terpercaya.

  • Merubah pola hidup

Supaya mimpi buruk yang Anda rasakan tidak terus- terusan datang sebaiknya Anda coba untuk merubah pola hidup yang Anda jalani seperti menceritakan mimpi buruk yang Anda alami kepada orang terdekat Anda, tenakan pikiran sejenak sebelum pergi tidur, tidurlah dengan menggunakann lampu tidur, jangan terlalu memikirkan hal yang belum tentu terjadi dalam hidup, dan mengelola stress yang terjadi pada Anda dengan baik.

Related posts