by

Mengenal Hormon Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pria

Zaman sekarang menilai ketampanan dan kecantikan seseorang dari kulit wajahnya yang bersih dan sehat. Anggapan itu ada benarnya juga, dengan memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat kita akan menjadi lebih Pede untuk tampil di depan orang. Banyak orang yang menganggap masalah jerawat dengan kebersihan kulit yang kurang terjaga, padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Ada penyebab lain dari munculnya jerawat pada kulit wajah seperti masalah hormon yang menyebabkan munculnya jerawat. Kulit yang kekurangan atau kelebihan hormon akan memunculkan jerawat, akibatnya kulit menjadi mudah berminyak atau kering sehingga kulit rentan terkena jerawat cara untuk mengurangi hormon jerawat pada pria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang di anjurkan pada wanita.

Penyebab Jerawat Hormon

Jerawat hormon disebabkan oleh perubahan hormon yang naik turun dan fluktuasi dalam tubuh. Fluktuasi hormon ini dapat terjadi saat memasuki masa pubertas, namun tidak menutup kemungkinan itu terjadi pada siapa pun baik yang sedang ada di fase pubertas atau dewasa

Adapun beberapa jenis hormon yang mengakibatkan munculnya jerawat adalah sebagai berikut:

  1. Hormon Estrogen

Hormon estrogen adalah hormon yang berperan terhadap naik turunnya hormone. sehingga berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual pria dan wanita. Jerawat akan muncul pada hormon estrogen apabila kadar hormon terlalu rendah, Ketika hormon estrogen meningkat, produksi hormon lain bisa memicu kelenjar minyak yang berakibat menjadi lebih aktif itu lah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Hormon Progesteron

Hormon progesteron adalah hormon yang menyebabkan timbul jerawat akibat siklus menstruasi dan ovulasi yang berperan penting dalam tubuh hormon ini biasanya ada pada wanita. Kadar pada hormon ini jika terlalu tinggi akan menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Hormon Androgen

Hormon Androgen adalah hormon yang tidak stabil sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat atau testosteron yang berlebihan pada tubuh. Akibat dari hormon yang kurang stabil ini minyak yang di produksi oleh tubuh terlalu tinggi sehingga menyumbat pori-pori kulit.

Penyebab Jerawat Hormon

jerawat Hormon dapat disebabkan oleh:

  1. Menstruasi

Saat menstruasi yang di alami wanita biasanya akan membuat hormon tidak stabil. Sehingga akibatnya muncul jerawat.

  1. Menopause

Menopause yang mengakibatkan penurunan kadar hormon ini juga bisa memicu timbulnya jerawat

  1. Pubertas

Pada masa pubertas biasanya hormon androgen baik pria maupun wanita akan meningkat kondisi ini dapat meningkatkan produksi minyak yang berlebih sehingga memunculkan jerawat.

  1. Kondisi sindrom pilikistik ovarium

Kondisi ini terjadi pada masa subur wanita. pada kondisi ini juga hormon Androgen meningkat sehingga timbul jerawat

  1. Stres

Orang yang mengalami stres berat akan rentan terkena jerawat karena hormon nya yang naik turun.

Obat jerawat hormon yang di anjurkan dokter

Cara mengurangi hormon jerawat pada pria adalah dengan cara penyesuaian pada jenis kulit yang dialami dan tingkat keparahannya. Adapun beberapa obat jerawat hormon pada peria adalah sebagai berikut:

  1. Obat jerawat oles (topikal)

Obat ini sebagai cara menghilangkan jerawat karena hormon yang tergolong ringan dengan cara mengoleskannya pada bagian wajah yang berjerawat.

  1. Obat antibiotik

Saat Anda berkonsultasi kepada dokter mungkin Anda akan disarankan untuk mengurangi jerawat hormon pada pria menggunakan antibiotik apabila obat topikal yang digunakan tidak kunjung ada hasil.

  1. Kontrasepsi oral

Jerawat yang muncul diakibatkan oleh masalah hormon biasanya cenderung parah, yang dapat membantu jika masalah jerawat hormon terlalu parah dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat jenis kontrasepsi oral yang mengandung ethinyl estradol yang dikombinasikan dengan salah satu obat seperti drospirenone .

Saran saya jika jerawat hormon yang mengalami keparahan dan belum juga sembuh meski telang menggunakan obat yang saya sarankan di atas untuk mengurangi hormone jerawat pada pria. Mending langsung saja konsultasi kepada dokter yang bersangkutan agar masalah jerawat hormonnya cepat sembuh.

News Feed