by

Menstruasi Tidak Pernah Teratur dan Kacau? Ini Bisa Menjadi Penyebabnya!

Bagi wanita, menstruasi merupakan salah satu hal yang rutin terjadi pada setiap bulannya. Meskipun secara tanggal memang berbeda, tetapi secara perhitungan rentan yang dialami adalah 28 sampai dengan 35 hari sekali. Jika memang tidak mengalami proses tersebut dengan teratur, bisa dikatakan proses tersebut kacau. Sebenarnya datang bulan pada perempuan merupakan salah satu bentuk kesehatan yang alami. Akan sangat dikhawatirkan ketika perempuan hanya datang bulan dua bulan sekali ataupun jadwal yang tidak menentu lainnya.

Siklus menstruasi yang lancar dan teratur bisa Anda hitung mulai dari hari pertama sampai dengan menstruasi periode berikutnya. Seperti dikatakan diatas umumnya berlangsung 28 hari setelah itu, jika lebih ataupun kurang bisa dikategorikan tidak teratur. Sebelumnya, ada beberapa kemungkinan yang membuat menstruasi Anda tidak teratur yaitu:

  • Stress.

Dilanda stress bisa menjadikan kadar hormon kortisol dalam tubuh bisa meningkat, yang ini tentu saja secara langsung akan berpengaruh pada hormon reproduksi yang dapat menjadikan siklus hair Anda teratur atau tidak. Karena proses ovulasi tidak normal tentu saja berujung pada terganggunya siklus menstruasi Anda.

  • Penggunaan kontrasepsi.

Banyak sekali jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan baik berupa pil, KB spiral ataupun yang lainnya. Sebelum menggunakan jenis yang mana, ada baiknya untuk segera mencari terlebih dahulu apa saja yang menjadi kekurangan serta kelebihan didalam alat kontrasepsi tersebut.

  • Perubahan berat badan.

Tanpa banyak perempuan menyadari jika perubahan berat badan yang cukup ekstrim itu dapat menjadikan masalah hormone reproduksi dalam tubuh. Contoh secara nyata bukan yang peningkatan tetapi juga penurunan. Makanya ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa menstruasi yang Anda alami tidak stabil.

  • Premenopause.

Sebelum benar memasuki menopause, sering sekali para wanita melalui masa transisi terlebih dahulu yang dikenal dengan istilah pre-menoupause. Ini terjadi pada usia yang sudah memasuki 40 tahun. Salah satu hal yang sering terjadi perubahan adalah akibat kadar dari estrogen yang tidak menentu dalam tubuh.

  • Memiliki PCOS.

Gangguan reproduksi yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan dari hormon tubuh menjadi salah satu masalah. Wanita yang mempunyai masalah ini akan memiliki tingkat ketidakstabilan dalam menstruasi setiap bulannya. Bisa saja ini terjadi bulanan setiap dua bulan sekali.

Pada dasarnya memang teratur atau tidaknya menstruasi pada wanita itu bisa menjadi salah satu pandangan kesehatan. Jika tidak teratur tentu ada beberapa kemungkinan yang terjadi dan mengakibatkan tubuh berubah. Supaya tidak mengalami hal yang cukup berbahaya, ada baiknya sebelum terlambat bisa konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut bisa langsung konsultasikan kepada dokter ahli Anda.

Comment

News Feed