by

Para Ortu Wajib Tahu, Ini Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Sumber: pinterest.com

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini membuat program game dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Kalau dahulu seseorang ingin bermain game mereka harus pergi ke rental game atau membuka PC-nya untuk bermain game kesukaanya. Namun saat ini, game dapat diakses hanya dengan menggunakan smartphone. Semakin mudahnya game diakses, maka semakin banyak pula orang yang kecanduan bermain game. Misalnya, di kalangan anak remaja yang suka bermain game online sampai lupa waktu. Sebagai orang tua tentu khawatir karena sepulang sekolah atau di rumah mereka bermain game terus hingga lupa waktu. Apalagi bermain game online memiliki dampak buruk bagi kesehatan anak. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak agar tidak kecanduan game? Simak beberapa langkah berikut ini.

  • Tentukan Waktu Bermain Game yang Wajar

Tentukan Waktu Bermain Game yang Wajar 

Sumber: pinterest.com

Sebagai orang tua tentunya harus tegas dalam menangani anak yang kecanduan bermain game. Kamu bisa menentukan waktu setidaknya satu jam saat hari sekolah buat bermain game. Berikan dia waktu dua hingga tiga jam di hari libur. Ini masih dianggap wajar untuk anak bermain game dengan waktu yang telah ditentukan. Selain itu, batasi juga waktu bermainnya dengan ketat. Contohnya tidak boleh lebih dari jam 9 malam. Meskipun ini tidak mudah untuk mengatasi kecanduan game pada anak, tapi perlahan-lahan anak pun akan terbiasa dengan hal yang telah ditentukan oleh orang tuanya.

  • Bantu Anak untuk Mengingat Waktu Bermain Game

Bantu Anak untuk Mengingat Waktu Bermain Game 

Sumber: pinterest.com

Game biasanya dirancang agar penggunanya melupakan waktu dan tenggelam dengan keasyikan game tersebut. Kalau kamu sudah menentukan waktu yang wajar untuk anak bermain game, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengingatkan waktu yang telah dihabiskan oleh anak saat bermain console game. Kalau kamu tidak mau repot mengingatkan anak, kamu bisa menggunakan alarm atau timer. Hal ini dapat membantu anak untuk mengingat seberapa lama waktu yang ia gunakan selama bermain game.

  • Coba Berdiskusi dengan Anak Tentang Cita-Citanya

Coba Berdiskusi dengan Anak Tentang Cita-Citanya 

Sumber: pinterest.com

Coba ajak anak berdiskusi tentang apa cita-citanya di masa depan. Ingatkan padanya bahwa ia harus berusaha dengan belajar keras untuk mendapatkan cita-citanya. Bahkan kalau dia ingin menjadi seorang programmer game atau professional game, katakan bahwa ia juga harus sukses dalam sekolahnya supaya bisa menggapai cita-citanya tersebut dengan mudah. Karena tentu saja dia membutuhkan sebuah keterampilan dan pekerjaan untuk menghasilkan banyak uang agar dapat mendukung apa yang diinginkan. Jelaskan bahwa belajar keras di sekolah adalah salah satu jalan yang wajib ditempuh dulu supaya sukses di masa depannya kelak. 

  • Ajak Anak Pada Kegiatan yang Menyenangkan

Ajak Anak Pada Kegiatan yang Menyenangkan 

Sumber: pinterest.com

Supaya perhatiannya bisa beralih dari game, kamu bisa mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang seru. Contohnya, kegiatan olahraga seperti masuk ke dalam tim sepak bola, renang, basket dan lain sebagainya. Kegiatan lainnya seperti membelikan alat lukis atau buku kesukaannya juga bisa kamu lakukan. Ajak dia agar bermain musik atau membiarkannya bermain dengan teman-teman nya di taman.

  • Simpan Komputer di Tempat yang Mudah Dilihat

Simpan Komputer di Tempat yang Mudah Dilihat 

Sumber: pinterest.com

Jangan biarkan komputer berada di dalam kamarnya karena ini bisa membuat anak jadi semakin kecanduan sebab memainkannya terus menerus. Kamu bisa meletakkan komputer di tempat yang mudah terlihat oleh semua orang. Sehingga anak pun tidak akan bebas bermain game ps4 kesukaannya karena berada dalam pengawasan orang lain. Kamu juga bisa lebih mudah mengingatkan anak kalau ia masih asyik dalam permainannya.

Nah, itulah cara mengatasi kecanduan game pada anak yang bisa kalian terapkan. Walaupun tidak mudah, tapi kalau melakukannya secara perlahan dan sabar pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kamu. Semoga bermanfaat!. Baca juga informasi Paket Umroh Terbaik 10 Hari yang Murah.

News Feed