by

7 Cara Mudah untuk Mencegah Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran yang terjadi pada seseorang terjadi secara bertahap, diawali dengan gejala-gejala ringan seperti diantaranya adalah kurang pendengaran sebelah yang sifatnya sementara, kemudian akan berlanjut semakin lama semakin sering kehilangan kemampuan dalam mendengarkan, bahkan terkadang sampai total. Untuk itulah maka jangan meremehkan hal yang satu ini, ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan sebelum nantinya masalah tersebut menjadi lebih serius, karena dalam beberapa kondisi tidak dapat ditolong kembali.

Sebenarnya jika berbicara mengenai gangguan pendengaran ini sendiri faktor penyebabnya sangatlah banyak, diantara sebagian besar bisa jadi karena kesalahan sendiri. misalnya adalah kebiasaan dalam mendengarkan musik dalam volume yang sangat keras, begitu juga ketika menonton televisi dan sejenisnya. Hal tersebut bisa mengurangi kemampuan dalam mendengarkan suara. Namun jangan khawatir karena nyatanya gangguan semacam ini dapat di cek, berikut ini beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Hindari memasukkan benda-benda asing kedalam telinga, seperti diantaranya adalah jari, kemudian juga cotton bud, kapas dan sejenisnya yang nantinya beresiko menyumbat telinga tersebut dan menghalangi gendang telinga dalam menangkap suara.
  2. Lakukan uji pada indera pendengaran tersebut secara berkala, apalagi jika seandainya Anda bekerja di bidang-bidang yang mengharuskan untuk selalu mendengarkan suara yang keras.
  3. Hindari berbagai macam kegiatan yang beresiko dapat menciderai organ pendengaran tersebut, jadi biasakan untuk menggunakan pelindung kepala.
  4. Pastikan untuk menutup telinga atau melindunginya ketika berada dalam kondisi lingkungan yang terlalu bising atau berisik.
  5. Pakailah headphone yang berguna untuk menahan masuknya suara dari luar saat mendengarkan musik, lebih aman jika dibandingkan dengan earphone yang dimasukkan kedalam telinga.
  6. Jika sudah mulai terasa gejala infeksi atau masalah pada telinga, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.
  7. Hindari merokok, karena menghirup asap rokok tersebut ternyata juga bisa beresiko mengurangi kemampuan dalam mendengarkan.

Pastikan untuk mengaplikasikan 7 langkah di atas, jika gangguan pendengaran masih terjadi bisa menggunakan alat bantu dengar ada banyak merk atau nama alat bantu dengar ini cek langsung di Pusat Alat bantu Dengar Melawai.

Comment

News Feed