by

Suka Makan Nugget? Ini Resep Nugget Ayam yang Murah da Crispy

Resep Nugget Ayam – Suka makan nugget ayam? Atau mungkin berencana untuk membuka usaha kecil-kecilan berjualan nugget ayam? Tentu bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, bukan? Nugget bisa saja Anda dapatkan dengan berbelanja ke supermarket terdekat.

Namun, akan lebih aman apabila membuat sendiri di rumah, bukan? Jadinya, untuk disajikan pada keluarga, anak termasuk untuk dikonsumsi sendiri, jadi lebih tenang dan aman. Sebab, membuat sendiri berarti menghindari makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan zat kimia lainnya.

Nugget adalah nama dari olahan daging giling yang dietak dalam bentuk tertentu, kemudian dilapisi dengan tepung untuk menjadikan bagian luarnya terasa crispy dan garing. Tentunya, nugget ini juga bisa menjadi teman santai untuk ngemil, juga untuk menjadi lauk pendamping makan nasi. Berikut ini, ada sebuah resep nugget yang hemat dan mudah dibuat di rumah sendiri.

Resep Nugget Ayam Nikmat

Resep nugget berikut ini adalah nugget ayam. Tentunya, nugget bisa dibuat dari bahan apa saja, seperti daging ikan, sapi, kambing dan sebagainya yang bisa Anda pilih sesuai selera. Ditambah lagi, nugget juga bisa dibuat dari bahan yang bukan daging seperti tahu, tempe dan sebagainya. Tapi, kali ini resep yang akan dibagikan pada Anda adalah resep nugget ayam.

Pertama, Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan seperti daging ayam yang sudah digiling halus sebanyak 300 gram. Untuk tambahannya, Anda perlu menyiapkan telur ayam 3 butir, tepung roti 100 gram, tepung terigu 100 gram, 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk 1 sendok teh, garam, gula dan merica masing-masing 1 sendok teh.

Membuatnya juga sangat mudah. Pertama, Anda perlu mengocok 2 dari 3 butir telur yang sudah disiapkan. Campurkan kocokan telur dengan kaldu bubuk, garam, bula, merica dan bawang putih halus, lalu terus kocok sampai merata.

Berikutnya, siapkan mangkuk, lalu masukkan tepung terigu di dalamnya. Kemudian, masukkan kocokan telur ke mangkuk tersbut dan aduk merata. Sekarang, giliran daging ayam halus yang dicampurkan ke dalamnya. Setelah dikocok rata, masukkan dalam cetakan, sesuai selera Anda dan cetak dalam ukuran yang tidak terlalu besar. Sebab, bila terlalu besar akan menjadikan nugget Anda tidak matang benar ketika digoreng.

Setelah selesai dicetak, kukus selama 15 menit. Sambil mengukus, siapkan tepung roti di wadah yang lain, kemudian sisa satu butir telur kocok rata dan masukkan ke tempat yang lain.

Sekarang, ambil nugget yang sudah dikukus dan balur dengan telur yang sudah dikocok. Kemudian balur lagi dengan tepung roti. Setelah semua adonan selesai dibalur dengan telur dan tepung roti, masukkan ke dalam kulkas selama setengah jam agar lebih menempel sempurna.

Setelah selesai, waktunya menggoreng. Siapkan minyak panas, kemudian goreng nugget tadi sampai berwarna keemasan. Angkat, kemudian sajikan dengan tambahan sambal atau nasi untuk menikmati nugget tersebut.

Mudah bukan, cara membuatnya? Yuk, coba di rumah.

Comment

News Feed