by

Apa Itu Tifus dan Bagaimana Cara Menanganinya?

Menurut SehatQ.com Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dengan satu atau lebih bakteri riketsia. Kutu, tungau (chiggers), kutu, atau caplak mengirimkannya ketika mereka menggigit Anda. Kutu, tungau, kutu, dan kutu adalah jenis binatang invertebrata yang dikenal sebagai arthropoda.

Ketika arthropoda yang membawa bakteri rickettsial menggigit seseorang, mereka menularkan bakteri yang menyebabkan tifus. Menggaruk gigitan semakin membuka kulit dan memungkinkan bakteri lebih besar mengakses aliran darah. Begitu masuk dalam aliran darah, bakteri terus bereproduksi dan tumbuh. Berikut artikel kesehatan akan mengulas mengenai Apa itu tifus dan cara menanganinya?

Ada tiga jenis tipus:

  • tipus epidemi (kutu-borne)
  • tipus endemik (murine)
  • gosok tipus

Jenis tifus yang Anda terinfeksi tergantung pada seberapa banyak Anda. Arthropoda biasanya merupakan pembawa strain tifus yang unik untuk spesies mereka. Wabah tipus biasanya hanya terjadi di negara berkembang atau di daerah miskin, sanitasi buruk, dan kontak manusia yang dekat. Tifus umumnya tidak menjadi masalah di Amerika Serikat, tetapi Anda mungkin terinfeksi saat bepergian ke luar negeri.

Tifus yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, dan ini berpotensi fatal. Penting untuk mengunjungi dokter Anda jika Anda curiga Anda menderita tifus.

Penyebab tifus

Tifus tidak menular dari orang ke orang seperti pilek atau flu. Ada tiga jenis tifus yang berbeda, dan masing-masing jenis disebabkan oleh jenis bakteri yang berbeda dan ditularkan oleh berbagai jenis arthropoda.

Apa Itu Tifus dan Bagaimana Cara Menanganinya?

Tifus yang ditularkan melalui epidemi / kutu

Jenis ini disebabkan oleh Rickettsia prowazekii dan dibawa oleh kutu tubuh , dan mungkin juga oleh kutu. Ini dapat ditemukan di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, tetapi biasanya ditemukan di daerah-daerah berpenduduk tinggi dan sanitasi buruk, di mana kondisinya mendorong kutu kutu.

Tifus endemik

Atau dikenal sebagai murine typhus, jenis ini disebabkan oleh Rickettsia typhi dan dibawa oleh kutu tikus atau kutu kucing. Tifus endemik dapat ditemukan di seluruh dunia. Ini dapat ditemukan di antara orang-orang yang kontak dekat dengan tikus. Ini tidak umum ditemukan di Amerika Serikat, tetapi kasus telah dilaporkan di beberapa daerah, terutama Texas dan California selatan.

Gosok tipus

Jenis ini disebabkan oleh Orientia tsutsugamushi dan dibawa oleh tungau dalam tahap larva ketika mereka chiggers. Jenis tifus ini lebih banyak ditemukan di Asia, Australia, Papua Nugini, dan Kepulauan Pasifik. Ini juga disebut penyakit tsutsugamushi.

Jika Anda bersentuhan dengan arthropoda pembawa bakteri ini (misalnya, dengan tidur di seprai yang penuh kutu), Anda dapat terinfeksi dalam beberapa cara. Bakteri tersebut, selain ditularkan melalui kulit Anda oleh gigitannya, juga dapat ditularkan melalui kotorannya. Jika Anda menggaruk kulit di tempat kutu atau tungau makan, bakteri di kotorannya dapat memasuki aliran darah Anda melalui luka kecil di kulit Anda.

Diagnosis dan Pengujian

Gejala tipus yang ditularkan melalui kutu mirip dengan gejala banyak penyakit lainnya. Temui penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengalami gejala-gejala yang tercantum di atas, dan pastikan untuk menyebutkan kontak dengan kutu, hewan liar (seperti kucing), atau satwa liar (seperti tikus atau opossum).

Pengobatan

Tifus yang ditularkan melalui kutu diobati dengan doxycycline antibiotik. Doksisiklin dapat digunakan pada orang dari segala usia. Antibiotik paling efektif bila diberikan segera setelah gejala dimulai. Orang yang dirawat dini dengan doksisiklin biasanya sembuh dengan cepat. Tidak ada bukti bahwa infeksi persisten atau kronis terjadi. Demikianlah ulasan mengenai Apa itu tifus dan cara menanganinya? Semoga bermanfaat bagi anda.

Comment

News Feed