by

Kereta Api Lanjutan, Alternatif Untuk Anda yang Sulit Mendapatkan Tiket Saat Bepergian

Memesan tiket kereta api untuk perjalanan ke suatu tempat menawarkan banyak keuntungan lho. Mulai dari anti macet, lebih hemat waktu, pemandangan yang menarik, bagasi cukup luas, lebih santai dan nyaman bersama keluarga dan pastinya proses memesan tiket yang jauh lebih mudah. Berbicara mengenai pesan tiket kereta api, pernahkah Anda kesulitan memesan tiket saat bepergian? Tidak hanya sulit memesan tiket, kehabisan kursi karena kalah cepat, diharuskan membeli tiket terpisah secara manual karena tidak ada akses kereta langsung juga menjadi beberapa masalah yang kerap dirasakan para penumpang.

Rupanya ada solusinya lho atas masalah ini, yaitu menggunakan kereta lanjutan. Traveloka hadir menawarkan layanan kereta lanjutan dengan keberangkatan yang bisa di cek jadwal keberangkatan kereta api di Traveloka melalui situs resmi dan web Traveloka. Untuk Anda yang belum paham, berikut ini detail informasi mengenai kereta lanjutan dari Traveloka.

Apa Itu Kereta Lanjutan

Tidak jauh berbeda dengan penerbangan transit, kereta lanjutan juga akan mencari dan menemukan rute kereta alternatif lain untuk mencapai destinasi tujuan Anda. Dengan  layanan kereta lanjutan, maka Anda bisa mencapai semua lokasi tujuan dengan transit di stasiun tertentu dan kemudian berganti kereta untuk menuju tujuan akhir. Ada beberapa situasi yang memungkinkan Anda menggunakan kereta lanjutan, misalnya saat kehabisan tiket kereta rute langsung. Biasanya saat lebaran dan akhir tahun kebutuhan tiket jauh lebih meningkat. Kehabisan tiket rute langsung mengharuskan Anda mencari rute lain dengan layanan kereta lanjutan.

Selain itu, saat akses kereta langsung sudah habis, menginginkan perjalanan yang lebih santai juga merupakan kondisi di mana Anda bisa memilih layanan kereta lanjutan. Jika Anda termasuk orang yang khawatir tiba tengah malam karena jadwal tiba yang tidak cocok, maka Anda bisa menggunakan layanan ini. Layanan kereta lanjutan akan membantu Anda mendapatkan berbagai pilihan kereta dan rute alternatif lain, tentu saja dengan jadwal tiba yang bervariatif pula.

Cara Memesan Kereta Lanjutan

Kini proses pemesanan tiket kereta lanjutan semakin mudah melalui Traveloka. Atas kerja sama antara Traveloka dan PT KAI, perjalanan menggunakan kereta api semakin mudah karena proses beli tiket yang jauh lebih praktis dan cepat. Berikut ini, cara memesan tiket kereta lanjutan untuk Anda yang membutuhkan, yaitu:

  • Lakukan pencarian tiket kereta

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari tiket kereta melalui Traveloka App. Anda bisa memulainya dengan mengisi kota atau stasiun asal dan isi pula stasiun atau kota tujuan. Masukkan pula  tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.

  • Temukan opsi ‘kereta lanjutan’

Selanjutnya, setelah menemukan hasil pencarian pilihlah opsi dengan label ‘kereta lanjutan’. Di sini Anda bisa melihat sedikit ringkasan umum rute perjalanan, waktu tempuh perjalanan, waktu keberangkatan hingga waktu tiba kereta di lokasi tujuan Anda nantinya.

  • Lihat detail perjalanan

Langkah berikutnya ketuk tanda panah yang terdapat di sisi kanan kolom hasil pencarian untuk mencari tahu stasiun transit yang nantinya akan dilalui, durasi transit dan beberapa informasi lainnya yang mesti Anda ketahui seputar perjalanan yang akan dilakukan.

  • Lengkapi data pribadi

Yang paling penting, Anda harus melengkapi data pribadi sesuai identitas setelah memastikan detail pesanan tiket sudah sesuai dan segera lakukan pembayaran.

  • Lakukan pembayaran

Saat melakukan pembayaran, Traveloka menawarkan beberapa pilihan sebagai kemudahan Anda. Ada beberapa metode pembayaran yang diberlakukan situs Traveloka, seperti menggunakan kartu kredit, transfer via ATM, menggunakan SMS dan internet banking, melalui minimarket terdekat serta melalui direct debit. Setelah melakukan pembayaran, biasanya Anda akan mendapatkan 2 lembar e-tiket yang terbit melalui Traveloka App dan juga melalui email. Setiap e-ticket digunakan untuk perjalanan dari stasiun keberangkatan awal ke stasiun transit. Dan dari kereta lanjutan stasiun transit ke stasiun akhir tiba. 

Kini Anda tidak perlu takut lagi kehabisan kursi atau tidak memiliki akses menuju destinasi tujuan, terkhusus di hari-hari penting dan momen liburan. Semuanya semakin mudah karena layanan kereta lanjutan dari Traveloka. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kemudahan perjalanan Anda ya!

Comment

News Feed