Cara Mudah Mengobati Ruam Popok

  • Whatsapp
Cara Mudah Mengobati Ruam Popok

Ruam popok seringkali terjadi pada bayi. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan memilih popok bayi baru lahir sehingga timbul ruam.

Berikut ini Cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa kamu ikuti:

  1. Jaga kulit bayi selalu bersih dan kering

Salah satu hal terpenting untuk mengatasi ruam popok bayi adalah memastikan kulit di area selangkangannya selalu bersih dan kering. Ketika Ibu sedang mengganti atau memakaikan popok untuk si Kecil, usahakan untuk tidak terlalu ketat.

Bahkan, sesekali Ibu juga dapat membiarkan bayi tanpa menggunakan popok untuk sementara waktu. Tujuannya agar kulit bayi tetap kering dan bisa bernapas dengan lega meski tertutup oleh popok.

Biasakan juga untuk mengeringkan kulit si Kecil dengan menepuknya lembut menggunakan handuk atau kain. Hindari menggunakan tisu pembersih yang mengandung alkohol, serta menggosok area kulit bayi yang mengalami ruam terlalu keras.

  1. Rutin mengganti popok bayi

Jangan biarkan bayi yang mengalami ruam popok tetap menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terutama jika popok sudah kotor. Bukannya cepat sembuh, membiarkan si Kecil memakai popok terlalu lama dan kotor atau penuh saat mengalami ruam justru dapat memperparah iritasi kulit.

Oleh karena itu, pastikan Ibu selalu rutin mengganti popok bayi, setidaknya segera ketika popok si Kecil sudah kotor agar iritasi kulit tidak bertambah parah.

Saat Ibu mendapati popok bayi telah kotor, entah karena urin atau feses, jangan tunda untuk membersihkan dan menggantinya dengan yang baru. Jangan biarkan urin dan feses mengenai kulit si Kecil dalam waktu yang lama.

Jika menggunakan popok kain, pastikan Ibu membilasnya hingga 2-3 kali saat mencuci untuk memastikannya terbebas dari sabun yang bisa memicu iritasi. Sedangkan bila Ibu menggunakan popok sekali pakai, pilihlah jenis popok yang memiliki daya serap tinggi.

  1. Pastikan ukuran popok pas saat dipakai

Pemilihan popok juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian Ibu. Sebaiknya, Ibu tidak memilih popok yang terlalu ketat karena dapat memperparah ruam popok pada bayi.

Pastikan Ibu juga memilih popok yang agak longgar sehingga lebih nyaman digunakan si Kecil. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan si Kecil, usahakan Ibu selalu membeli popok yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

  1. Pakai baby cream

Menggunakan baby cream akan membantu melindungi area kulit bayi yang mengalami ruam. Baby Cream juga efektif untuk melindungi kulitnya dari kekeringan dan iritasi. Oleskan Baby Cream di bagian pantat bayi yang mengalami ruam setiap kali selesai mandi atau berganti popok.

Agar ruam popok tidak terjadi lagi, pastikan gunakan popok yang nyaman, cepak kering, dan lembut seperti popok Merries. Gunakanlah popok Merries agar si Kecil bebas ruam popok.

Related posts