by

Cara Mudah Menyambung Pipa HDPE

Selain pipa PVC, ada satu jenis pipa yang juga popular. Jenis pipa ini terbuat dari bahan polymer minyak bumi yaitu Pipa HDPE, Pipa HDPE adalah pipa bertekanan yang sering digunakan sebagai pipa air maupun pipa gas. Pipa polymer atau sering di sebut dengan pipa plastik ini memiliki variasi penyambungan.

Ada beberapa jenis sambungan untuk menyambung pipa HDPE ini ada 3 yaitu penyambungan menggunakan mechanical joint, butt fusion dan electro fusion. Berikut penjelasan masing masing penyambungannya :

Menyambung Pipa HDPE dengan Mechanical Joint

Yaitu Teknik penyambungan pipa dengan menggunakan alat atau aksesoris yang bernama compression joint pipa HDPE, cara ini dapat digunakan untuk menghubungkan pipa dengan diameter kecil dan sedang yaitu antara 20 mm sampai 70 mm.

Aksesoris ini dapat mudah dipasang dan tidak memerlukan alat pemanas atau dengan menggunakan bahan perekat lain seperti lem pipa, cara kerjanya sendiri dengan menghubungkan antara satu pipa dengan pipa lainnya. Yang dimana dengan alat ini selain untuk menyambung akan menahan aliran air bahkan udara agar tidak keluar dari pipa.

Selain mudah dipasang apabila terjadi kerusakan pada bagian sisi pipa tinggal melepas aksesorisnya kemudian mengganti ulang pipa yang rusak.

Menyambung Pipa HDPE dengan Butt Fusion

Penyambungan pipa HDPE yang dimana kedua ujung pipa akan dipanaskan dan kemudian disambungkan. Penyambungan akan dilakukan Ketika sudah mencapai suhu tertentu dengan menggunakan bantuan alat yang bernama butt fusion.

Metode penyambungan ini dapat membuat penyambungan lurus tanpa adanya aksesoris yang menempel karena memang menghubungkan pipa dengan pipa.

Menyambung Pipa HDPE dengan Electro Fusion

Yaitu penyambungan dengan menggunakan aliran listrik yang membuat pipa menjadi panas sehingga kedua pipa dapat menyambung dengan lebih baik. Sambungan dengan electro fusion lebih direkomendasikan untuk menyambung pipa untuk saluran gas.

Sambungan Butt Fusion dan Electro fusion ini dikenal juga dengan Teknik welded joint (penggabungan dengan pemanasan). Pipa HDPE banyak direkomendasikan untuk mereka yang sedang mencari pipa berkualitas karena memang memiliki keunggulan pada bahan baku serta ketahanan nya.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed