by

Ini dia! Tips Memilih Bus Wisata Aman di Era New Normal

Bagaimana jika ternyata dalam kondisi penyebaran Covid-19 yang masih cukup besar ini kamu ditunjuk sebagai penanggung jawab perjalanan wisata? Sudahkah kamu tahu Armada mana yang tepat untuk dipilih? Nah, untuk itu kamu harus tahu bagaimana tips memilih bus wisata aman di era new normal .

Kini new normal telah tiba, perjalanan wisata yang Anda idamkan kini sudah boleh dilakukan. Masalahnya di perjalananlah penularan justru banyak terjadi. Untuk itu kamu harus selalu berhati-hati dalam memilih transportasi.

Bagi kamu yang sedang bingung mencari armada ketika berwisata, pilihlah jasa rental bus yang tepat dengan menerapkan tips berikut ini:

  1. Pastikan Kebersihan Bus

Sering kita lihat sebelum corona melanda, beberapa armada tidak membersihkan kendaraannya setelah digunakan oleh penyewa lain. Untuk kamu yang sedang mencari bus wisata perhatikan hal ini. Carilah bus yang benar-benar bersih, cek dari lantainya, tempat duduk, kelambu, hingga bagasi dari bus wisata yang ingin disewa.

  1. Pastikan Tersedia APD

Cara memilih bus pariwisata selanjutnya adalah apakah bus wisata bersangkutan menyediakan fasilitas APD khususnya untuk sopir dan kernetnya. Kamu juga harus memastikan kalau ada APD cadangan yang disediakan oleh perusahaan jasa bersangkutan.

  1. Pilih Armada yang hanya menampung 50% kapasitas penumpang

Pastikan juga bahwa Armada tersebut sebelumnya telah menerapkan ketentuan bahwa per-bus hanya boleh diisi oleh 50% kapasitas penumpang saja. Akan percuma saja bisa kamu menerapkan protokol per-bus hanya setengah peserta wisata saja, jika ternyata pada perjalanan sebelumnya bus wisata yang akan disewa tidak menerapkan hal ini.

  1. Cek SOP dari Armada

Kamu juga harus menanyakan dan sekaligus membaca Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan oleh Armada. Apakah ada standar kebersihan khusus bagi sopir dan kernet sebelum berkendara? Apakah per-bus hanya dioperasikan oleh sopir tertentu atau bergonta-ganti.

  1. Pastikan Armada Menyediakan Alat Rapid Test

Hal yang perlu kamu perhatikan berikutnya adalah apakah armada bus wisata yang akan disewa memiliki alat rapid test bagi pegawainya? Ini menjadi poin penting yang wajib kamu perhatikan, tanpa memiliki alat ini prosentase bahaya penularan antar pegawai armada khususnya sopir cukup besar.

  1. Pastikan Armada Menyediakan Fasilitas Kebersihan

Armada yang sadar akan protokol covid-19 pasti juga secara proaktif akan menyediakan beberapa alat kebersihan di dalam bus wisatanya. Seperti, alat cuci tangan, tisu kebersihan, hand sanitizer, bahkan termasuk fasilitas masker. Ini seharusnya menjadi fasilitas yang wajib disediakan untuk calon penumpang.

  1. Pastikan Tersedia Desinfektan di Bus

Saat memilih bus wisata yang baik Anda juga harus melakukan cek, apakah di bus bersangkutan telah tersedia desinfektan berikut alat penyemprotnya. Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab setiap berhenti di lokasi wisata tertentu, sopir dan kernet seharusnya secara rutin mereka menyemprotkan desinfektan tersebut.

Ternyata cukup ribet juga ya mencari bus wisata yang recomended di era new normal? Harus cek ini itu dan beberapa hal detail lainnya.

Menyewa bus wisata tidak ribet bila kamu sudah tahu armada mana yang terpercaya. Nah, salah satu armada yang sejak dulu selalu menerapkan protokol kesehatan lengkap dengan SOP yang jelas, terperinci dan terstruktur adalah TRAC.

Sudah tahukan kamu apa itu TRAC? Kamu bisa sewa bus wisata lewat TRAC. TRAC ini sudah terjamin kepercayaannya, bahkan TRAC Bus salah satu armada yang layani antar jemput tenaga medis lho selama pandemi Covid-19.

Artinya, kamu tidak perlu bingung lagi menerapkan tips memilih bus wisata aman di era new normal seperti dijelaskan di atas. Cukup datang ke kantor TRAC dan temukan bus wisata dengan protokol kesehatan terlengkap di Jakarta.

News Feed