Inilah 5 Manfaat Pemakaian Tools Market Research

  • Whatsapp
Tools Market Research

Riset pasar atau yang dikenal juga sebagai market research merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi atau menganalisis kondisi pasar saat ini. Ini sangat berguna untuk seorang pelaku bisnis. Sekarang ini jenis bisnis yang tengah berkembang pesat di tengah-tengah masyarakat adalah usaha yang dijalankan secara online. Mengingat peluangnya yang sangat bagus di era teknologi, dimana masyarakat sendiri tidak dapat dipisahkan dari internet. Belum lagi semenjak wabah virus Corona yang menghantui dunia, membuat interaksi secara langsung semakin minim, digantikan dengan interaksi online.

Itulah mengapa para pelaku usaha banyak yang lebih memilih menjalankan bisnisnya online dibandingkan secara langsung, melihat dari segi potensinya yang begitu bagus. Kegiatan tersebut akan berjalan dengan lancar jika seandainya disertai persiapan secara matang. dimana sebelumnya Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu. Lebih mudah jika seandainya pangsa pasar online. Karena cukup mengandalkan tools market research dari sonar platform saja.

Sebelumnya patut untuk diketahui bahwa memang riset pasar ini memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah;

  1. Mengukur kelebihan dan kelemahan produk, adanya riset pasar yang dijalankan sedini mungkin sebenarnya dapat membantu untuk mengukur kelemahan dan juga kelebihan produk di mata pasar tersebut. Karena sebagai pembuat pastinya Anda tidak bisa obyektif di dalam menilai antara poin plus dan juga minus dari produk yang dijual tersebut. Berbeda dengan penilaian dari konsumen antar calon target market. Apakah produk tersebut sudah memenuhi ekspektasi dari pelanggan ataukah belum dapat dilihat dari sini.
  2. Digunakan untuk positioning, market research juga akan membantu Anda di dalam positioning produk. Bisa melakukan penempatan produk secara tepat dan bagaimana cara menekankannya ke pasar. Sehingga nantinya strategi yang Anda lakukan juga lebih tepat sasaran.
  3. Melihat peluang, berbicara mengenai bisnis pastinya tak akan terlepas dari yang namanya kompetitor bukan, namun dari kompetitor ini dengan melakukan riset pasar maka kedepannya Anda bisa mengetahui peluang yang tercipta. Dari riset pasar akan menemukan kelemahan dari kompetitor Anda, sehingga bisa merancang taktik untuk mengalahkan mereka. nantinya Anda juga dapat mengukur apakah hasil yang diterapkan oleh kompetitor tersebut juga akan berhasil pada usaha sendiri.
  4. Dapat mengeliminasi asumsi, beragam asumsi sangat mungkin muncul saat tengah sebuah rencana marketing, karena Anda belum mengetahui kondisi pasar. Namun dengan melakukan riset terlebih dahulu maka nantinya satu persatu asumsi tersebut dapat dihilangkan, nantinya Anda juga bisa menemukan manakah taktik yang tepat, digunakan untuk menunjang kegiatan marketing tersebut. Karena sudah ada informasi secara lengkap mengenai target market yang Anda tuju tersebut.
  5. Memberikan pengetahuan yang lebih mendalam terkait dengan audience Anda, dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya sejak awal Anda sudah menargetkan sebuah segen tertentu, namun sejauh apa Anda mengenal audience tersebut tanpa melakukan riset. Terkadang banyak hal yang belum diketahui dan ini bisa jadi sumber masalah baru dalam bisnis Anda tersebut, untuk itu maka patut diwaspadai.

Riset ini pastinya membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan secara manual, berbeda ceritanya jika Anda menggunakan sebuah alat atau tools, maka riset yang dijalankan akan lebih praktis dan efisien. Anda bisa mempercayakan riset di dalam bisnis tersebut diantaranya lewat layanan yang sudah terpercaya atau berpengalaman yaitu Solar. Selain untuk bisnis juga bisa ditujukan untuk kampanye online.

Related posts