by

Istilah Unicorn dan Seluk Beluknya

https://www.jokowi.link/ – Selalu ada saja hal yang unik dari Pilpres 2019 ini. Salah satunya adalah istilah Unicorn yang muncul pasca debat paslon 2019, minggu (17 Februari 2019). Masih banyak netizen yang awam dan bertanya-tanya tentang Unicorn, Unicorn itu apa sih?

Berawal ketika Capres 01, Jokowi bertanya kepada Capres 02 Prabowo Subianto mengenai kebijakan pengembangan unicorn Indonesia.

“Infrastuktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?” Tanya Jokowi dalam sesi debat. Prabowo seperti terkesan bingung dan bertanya balik tentang apa yang dimaksud unicorn ini.

“Yang Bapak maksud unicorn? Unicorn? Apa yang online-online itu?” Tanya Prabowo.

Hal ini memunculkan beberapa fakta di linimasa tentang unicorn dalam debat capres 2019. Yang membuat Prabowo bingung.

Unicorn dan Seluk Beluknya di Indonesia

Istilah Unicorn dan Seluk Beluknya

  1. Muncul Istilah Lain dari Unicorn

Dalam debat paslon yang berlangsung selama 2.5 jam itu memunculkan beberapa istilah selain unicorn. Salah satunya adalah muncul istilah jaringan Backbone dan Era 4.0.

Sederhananya, jaringan Backbone adalah lajur transmisi data yang berkecepatan tinggi, dan menyediakan fasilitas dan utilitas jaringan untuk server Internet.

Internet Backbone membutuhkan koneksi bandwith dan router server berkecepatan tinggi. Dan merupakan koneksi data terbesar internet. Yang umumnya doigunakan untuk komersil, pemerintah, militer, dan pendidikan.

Kedua paslon juga menyinggung tentang Era 4.0 dan panelis debat menanyakan upaya apa yang dilakukan untuk menghadapinya. Istilah merupakan tahanan dari revolusi industry yang ke-4, yakni:

  • Revolusi Pertama, dengan Ditemukannya mesin Uap
  • Revolusi Kedua, Berhubungan dengan kelistrikan
  • Revolusi ketiga, masuk era Komputerisasi
  • Revolusi 4.0, berkembangnya Teknologi informasi yang berkembang pesat, perkembangan AI, Robotica, dan internet of thinks
  1. Sebab Unicorn Muncul di Indonesia

Dalam pertemuan Ekonom Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko dengan Dubes Singapura. Muncul diskusi mengapa unicorn bermunculan di Indonesia.

“Salah satu yang muncul itu, satu karena disini (Indonesia) tidak ada aturannya. Karena tidak ada aturannya orang jadi berkreasi semaksimal mungkin,” Ucap Agustinus dalam FGD BTPN di Bali minggu lalu.

Kesempatan yang besar di Indonesia juga menjadi dasar munculnya unicorn-unicorn yang penuh kreatifitas.

  1. Arti Kata Unicorn

Sebenarnya, jika Anda membaca tulisan ini berarti anda sedang mengakses internet. Dan Anda adalah pengguna internet di era yang serba instan. Anda bahkan sudah pernah menggunakan salah satunya atau bahkan semuanya. Pada unicorn Indonesia, Banyak sekali transaksi dan nilai yang terjadi setiap menitnya. Dan semuanya adalah hasil kreasi anak bangsa yang didalamnya banyak pula anak bangsa ikut mendulang keuntungan.

Unicorn yang dimaksud Jokowi¸adalah start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai diatas 1 Milliar Dollar AS. Atau setara dengan 13,5 T Rupiah jika kursnya berada pada angka Rp13.500/Dollar AS. Jokowi menyebut unicorn Indonesia ada 4. Yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Jumlah ini adalah termasuk banyak dibandingkan Negara lain di Asia Tenggara.

  1. Menjadi Trending di Sosial Media

Berawal dari momen debat paslon mengenai Unicorn, sontak menjadi trending di dunia maya. Netizen banyak bercuit dan berkomentar tentang unicorn, mulai dari yang serius, santai, hinga kocak dan membuat terpingkal-pingkal.

Pesta Demokrasi terbesar ada di depan mata dan kian hari kian dekat. Menjaga hubungan yang biak dan silaturahmi yang konsisten adalah pilar utama dari sebuah pesta rakyat. Jangan lantas perbedaan pendapat menjadi penghalang bagi kita semua. Karena siapapun pemimpin kita, siapapun pilihan kita, apapun pendapat kita, kita tetap satu Indonesia.

Comment

News Feed