by

Jenis-jenis Ingus yang Perlu Diketahui, Agar Terhindar Penyakit Berbahaya

Orang-orang seringkali merasa jijik ketika melihat anak dengan wajah belepotan ingus. Padahal hal ini biasa terjadi karena anak yang pilek tentu juga merasa terganggu dengan ingus di hidungnya. Namun, buat ibu, tidak alasan untuk mengatakan jijik, sebab ternyata dari warna ingus yang berbeda-beda memiliki tanda yang berbeda juga.

Warna ingus dapat menjadi indikasi dari suatu penyakit. Untuk itu, penting bagi ibu untuk mengetahui jenis ingus sehingga dapat menyadari apabila ada terdapat ketidak beresan pada kesehatan keluarga khususnya anak.  Jika ibu sudah dapat mengindikasi penyakit dari pilek yang terjadi pada anak, ada baiknya jika ibu siap sedia obat pilek untuk anak yang dapat dibeli di apotek. Berikut adalah jenis ingus yang perlu ibu ketahui!

  • Ingus Berwarna Jernih

Ingus yang berwarna jernih menunjukkan bahwa tubuh dalam keadaan normal, sehingga tidak terindikasi penyakit dalam tubuh. Akan tetapi apabila ingus keluar banyak tidak wajar, dapat segera diperiksakan ke dokter.

  • Ingus Berwarna Kuning

Ingus berwarna kuning menandakan tubuh terdapat virus sinusitis. Warna kuning tersebut merupakan efek yang ditimbulkan dari anti body yang melawan virus, utamanya virus flu.

  • Ingus Berwarna Hijau

Ingus berwarna hijau menandakan tubuh telah terinfeksi virus atau bakteri dan jamur. Lendir hijau ini terjadi karena sel darah putih mati dan tumbuh bakteri yang lama-lama akan terjadi peradangan. Pada anak yang sudah sampai pada ingus warna hijau, ada baiknya ibu segera memberinya antibiotik, sehingga pertumbuhan bakteri dapat terhambat.

  • Ingus Berwarna Merah atau Merah Muda

Ingus yang berwarna merah atau merah muda menandakan adanya jaringan pelindung yang  terdapat di hidung, pecah. Sehingga hidung mengeluarkan ingus berdarah. Ingus yang berwarna merah ini perlu diwaspadai karena dapat juga sebagai tanda penyakit pernafasan seperti asma atau sinusitis. Namun bisa juga karena hal sepele seperti hidung yang terlalu kering, atau iritasi karena tangan anak yang menggores bagian dalam hidung.

Inilah beberapa informasi penting untuk Moms agar tepat dalam menindaki sakit pilek pada anak, untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi https://www.goapotik.com/.

Comment

News Feed