by

Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Dropship

Teman teman pasti sudah pernah mendengar apa itu bisnis dropship. Atau teman teman sekarang sudah memulai bisnis dropship. Sekarang orang-orang menyebutkan bisnis dropship ini bisnis tanpa modal, apakah benar?

Apabila teman teman belum tahu apa itu dropship, dropship adalah sistem penjualan sebuah produk secara Online di mana penjual di sini tidak harus punya modal besar atau produk sendiri. Dengan dropship ini sangat berbeda dengan sistem reseller yang mengharuskan penjual ini membeli produk dari supplier untuk memiliki stok barang. Selanjutnya barang tersebut dijual untuk ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari harga sebelumnnya sehingga penjual mendapatkan untung lebih.

Nah di sini yang lebih enak lagi dari sistem dropship adalah penjual di sini tidak lagi mempacking barang atau memproses barang kepada pemabeli karena supplier yang akan mempacking barangnya. Enakya dari dropshipper ini penjual pada kemasan yang akan dikirim yaitu akan ditulis nama kita sebagai penjual dari supplier ke konsumen jadi kita sebagai dropshipper akan tetap terjaga dengan baik.

Dropshiper ini sebenarnya simpel dan sederhana untuk melakukannya. Penjual di sini memilih beberapa produk dari supplier yang akan kita jual, kemudian mengambil foto  produk dari supplier, setelah mengambil foto dari supplier lalu  foto produk diupload di sosmed pemasaran kita dan diberi beberapa keterangan tentang produk yang kita ambil dari supplier. Dan ketika kita mendapatkan orderan, konsumen akan memilih barang yang akan mereka beli dan mengirimkan uang dengan harga yang sesuai teman teman sudah tentukan.

Dropshiper kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang dan memberikan informasi yang dibeli dengan data pembeli. Supplier akan langsung mempacking barang  yang dibeli dan mengirimkan barang kepada pembeli dengan nama teman teman sebagai pengirimnya. Tentunya bisnis dropshipper ini ada kelebihan dan kekurangannya sebagai dropshipper.

Kelebihan dan kekurangan dari bisnis dropship sebagai berikut:

  • Kelebihan sebagai bisnis dropship
  1. Tanpa modal yang besar

Dari pembahasan diatas sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis dropship ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar, pengecer pun bisa mengupload dan menjual produk ke sosial media secara Online dengan gratis dan hanya bermodalkan kuota saja.

  1. Tidak ribet dan sangat praktis

Teman teman sebagai dropshiper ini tidak perlu dan tidak harus lagi dengan urusan pengadaan barang, packing barang, dan proses pengiriman barang ke konsumen karena itu adalah sudah tanggung jawab dari supplier itu sendiri. Kita juga tidak ada urusan dengan perencanaan bisnis yang dilakukan oleh supplier karena kita cuman menjual barang dari supplier.

  1. Dikerjakan di mana saja

Bisnis dropship bisa teman teman kerjakan di mana saja dan kapan saja. Dan hanya modal kuota internet saja dan gadget yang memadai. Dan di sini kita dan pihak supplier dengan kita harus tetap berjalan dengan baik yang dilakukan secara Online, contohnya via chattingf dan media sosial lainnya.

  1. Tidak ada biaya operasional

Bisnis dropship ini cukup simpel dan bisa dijalankan dengan biaya operasional yang cukup sangat kecil, atau bahkan tanpa biaya operasional. Bisnis dropship hanya mengeluarkan biaya yang sangat kecil contohnya biaya koneksi internet dan modem saja.

  • Kekurangan bisnis dropship
  1. Keuntungan kecil

Dropshiper di sini tidak terlalu besar mengambil keuntungannya. Bisa saja sih  kita mengambil keuntungan yang cukup besar dan menaikkan harganya. Tetapi tentu saja akan mengurangi penjualan kita ke konsumen karena harga yang kita tawarkan cukup  tinggi.

  1. Barang atau stok tidak up to date

Dropshiper kali ini tidak semua tahu tentang stok atau barang yang ada pada di supplier karena hanya supllier mempunyai data tersebut. Bisa saja sebuah produk yang akan dibeli dari dropshipper ternyata sudah habis dan informasinya tidak selalu update diwebsite dari supplier tersebut.

  1. Sulitnya menjual barang yang belum pernah dilihat

Apabila seorang konsumen menyakan detail tentang barang yang dijualnya melalui supplier, biasanya sebagai dropshipper kurang bisa menjelaskan tentang detail barang tersebut karena dropshipper kurang menguasai dari barang yang dia jual dari supplier. Kekurangan dari dropshiper adalah lebih fokus untuk menjual barang dan tidak memahami spesifikasi dari barang yang dijual. Hal ini tentunya akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dari dropshipper karena kurangnya pengetahuan dari dropshipper.

Dan teman juga apabila ingin mengetahui tentang bisnis reseller cek di sini : bisnis reseller.

Comment

News Feed