by

Kunjungan Ke Delapan Joko Widodo ke Tanah Papua

Joko WidodoSejak awal Joko widodo di lantik sebagai orang No satu di Indonesia, beliau telah sembilan kali mengunjungi Papua. Ungkapan tersebut di ucapkan joko widodo pada sambutan acara Plt Gubernur Papua. “Hitungan saya, sudah sembilan kali ke Papua.” Ucap Jokowi dalam acara sambutan tersebut.  “Sore hari ini hitungan saya, saya sudah sembilan kali ke Papua tapi Pak Gubernur tadi delapan kali yang benar yang mana gak tau saya.” Lanjut ungkap joko widodo dan serentak warga sambut dengan tepuk tangan yang meriah dalam acara tersebut.

Bila kita rinci, pertama kali joko widodo berkunjung ke papua pada tanggal 27 sampai dengan 29 Desember 2014, kemudian pada tanggal 8 sampai 11 Mei 2015. Disusul pada tanggal 29 desember 2015  sampai 1 januari 2016 untuk kali ketiga, serta 29 sampai 30 April 2016. Keenam kalinya pada tanggal 9 sampai 10 Mei 2017 dan ketujuh kalinya pada tanggal 21 sampai dengan 22 Desember 2017. Terakhir Joko Widodo berkunjung ke Papua pada tanggal 11 sampi dengan 13 April 2018.

Walaupun ungkapan Joko Widodo keliru akan tetapi Cuma beliau presiden pertama indonesia yang sering berkunjung ke daerah paling timur Indonesia. Jadi sejak Joko Widodo Menjabat sebagai presiden ia sudah 8 kali berkunjung ke Papua. Pada kesempatan itu Joko Widodo mengagendakan membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat Papua. Sebanyak 3331 sertifikat yang ia bagikan kepada warga Papua. Tidak Cuma itu saja, pada kesempatan itu Joko Widodo juga dijadwalkan akan mengunjungi suku Asmat untuk bisa meninjau langsung pasca kejadian KLB campak dan gizi buruk. Sekaligus ia bisa meninjau pembanguan jembatan Holtekam.

Jembatan tersebut berada di atas teluk Youtefa dengan panjang jembatan 732 meter. Jembatan ini menghubungkan daerah Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di provinsi Papua. Pada saat Joko Widodo berkunjung jembatan tersebut proses pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Perkiraan selesainya pembangunan jembatan pada bulan September 2018.

Bila kita tarik kelalang pada saat Joko Widodo berkampanye, ia berjanji akan membangun infrastruktur untuk wilayah Papua. Mengingat papua pada saat itu masih sangat jarang sekali adanya pembangunan. Maka Joko Widodo berjaja bila nanti terpilih menjadi presiden ia akan membangun infrastruktur seperti halnya tras papua. Sekarang janji joko Widodo kepada rakyat papua sudah di tepati. Banyak sekali pembangunan yang ada di Papua. Maka dari itu rakyat Papua sangatlah menyukai Joko Widodo, mereka merasa sudah tidak dianak tarikan lagi oleh Negara Indonesia.

Joko Widodo Berbelanja Di Pasar

Pada kesempatan tersebut Joko Widodo menyempatkan diri untuk berbelanja di pasar. Memang tidaklah heran semenjak jokowi menjabat sebagai presiden Indonesia, setiap kali ia berkunjung ke suatu daerah. Sudah pasti Jokowi selalu menyempatkan diri untuk mendatangi pasar-pasar tradisional. Kali ini Pasar Mama-Mama Papua yang menjadi pilihan untuk jokowi datangi pada kesempatan tersebut. Kunjungan Joko Widodo ke pasar mama-mama Papua merupakan kunjungan ke dua kali semenjak ia menjabat sebagai orang No satu di Indonesia. Pembangunan-pembangunan pasar merupakan program pemerintah, karena Joko Widodo ingin meningkatkan tarif hidup warga indonesia Khususnya untuk pedagang Tradisional.

Groundbreaking pasar mama-mama papua dilaksanakan oleh Joko Widodo pada 30 April 2016. Pasar seluas 2.400 meter persegi ini sekarang didesain menjadi pasar semi modern dengan empat lantai dan satu lantai mezzanine.

Comment

News Feed