by

Persyaratan Umum, Cara Membuat Rekening dan Kartu ATM

Pada sekarang ini mempunyai tabungan adalah hal yang mendasar untuk pengaturan keuangan. Hal ini karena Teman teman menerima gaji atau penghasilan lain melalui rekening bank. Tetapi pada kenyataannya masih banyak yang tidak memiliki rekening bank. Hal ini bisa menyulitkan apabila suatu saat mereka ingin mengajukan pinjaman pribadi ataupun untuk usaha. Dengan ini saya memberikan informasi tentang cara membuka rekening bank. Dari persyaratan dan caranya, saya juga akan menginformasikan mengenai nominal minimal setoran awal. Dan teman-teman bisa lihat informasi lengkap tentang tabungan mata uang asing.

Persyaratan Umum dan Cara Membuat Rekening

Sebenarnya membuat rekening ini membutuhkan dua hal yang utama, yaitu teman-teman pengenal, nomor telepon, dan sejumlah uang untuk setoran awal.

Berikut adalah cara membuat rekening untuk memudahkan Teman teman.

  • Teman teman perlu datang ke bank terkait membawa teman-teman pengenal. Bukti identitas bisa berupa Kartu teman-teman Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Paspor. Setelah tiba di bank tujuan maka langsung saja ke CS untuk diminta dibuatkan rekening yang sesuai keinginan.
  • Pihak Customer Service akan meminta teman-teman pengenal untuk di fotokopi. Kemudian, Teman teman diberi formulir untuk diisi.
  • Setelah mengisi formulir, maka data Teman teman akan diproses untuk pencetakan buku tabungan.
  • Teman teman kemudian akan dimintai sidik jari dan teman-teman tangan. Teman teman juga nantinya harus teman-teman menandatangani buku tabungan.
  • Kemudian Teman teman akan dibuatkan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Untuk mendapatkan kartu ini, Teman teman diminta membuat nomor PIN yang terdiri dari 6 angka.
  • proses pembuatan tabungan pun selesai Setelah kartu ATM dan buku tabungan diterima

Cara Membuat Rekening Tabungan dan Kartu ATM

  1. Menyiapkan administratif: KTP atau SIM atau kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Untuk beberapa bank, seperti BCA, Teman teman harus menambah sertakan NPWP dan KK. Bawa semua identitas dan bawa fotokopiannya.
  2. Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Teman teman, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Teman teman pilih.
  3. untuk mempermudah jika di masa mendatang ada keperluan lain Setelah semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan domisili Teman teman.
  4. Satpam biasa akan menyambut Teman teman dan memberikan nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Teman teman dipanggil.
  5. Ketika giliran Teman teman tiba, CS akan memperkenalkan diri, dan disarankan bagi Teman teman untuk melakukan hal yang sama, demi kenyamanan prosesnya. Sampaikan kepada CS bahwa Teman teman ingin membuka rekening tabungan perorangan.
  6. Customer service biasanya akan menerangkan produk tabungan yang tersedia di bank tersebut. Dengarkan dengan seksama. Jangan malu untuk bertanya sedetil apapun. Jangan lupa untuk tanyakan terutama mengenai titik impas, berapa bunga bank yang dapat menutup biaya administrasi bulanan agar saldo tabungan Teman teman tidak terpotong oleh biaya administrasi tersebut.
  7. Apabila semua informasi sudah dijelaskan, maka pilihlah produk yang sesuai anda inginkan, maka CS akan memberikan informasi tambahan beserta formulir tambahan aplikasi pembukaan rekening. Formulir tersebut akan mendata mengenai identitas diri, seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, pekerjaan, pendapatan per tahun, nama anggota keluarga, dan lainnya. Di formulir ini, Teman teman juga diberikan opsi mengenai fitur yang diinginkan: ATM, internet banking, mobile banking, dan sebagainya.
  8. Jika Teman teman ingin mengaktifkan internet banking, SMS banking, katakanlah pada CS pada saat ini juga. Teman teman dapat mengatakan ini ketika CS sedang mencetak buku tabungan dan menyiapkan kartu ATM ini. Pin ATM juga Teman teman tentukan di saat ini.

News Feed