by

Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan: Berikut Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pinjaman Online

Pinjaman adalah cara untuk memenuhi kebutuhan keuangan atau kurangnya uang untuk memenuhi kebutuhan tujuan keuangan. Pinjaman dana tunai tanpa jaminan adalah salah satu cara mendapatkan kebutuhan uang dapat waktu cepat. Pinjaman uang dengan kredit tanpa agunan yang dilakukan secara online memberikan metode pinjaman dengan dana cepat cair. Syarat untuk mencairkan dana juga lebih mudah dan tidak ribet, tanpa adanya jaminan.

Untuk memilih pinjaman online maka hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui informasi perusahaan tersebut apakah sudah terdaftar dalam OJK dan AFPI. OJK merupakan otoritas jasa keuangan sedangkan AFPI adalah asosian fintech pendanaan bersama Indonesia. Setiap tahunnya OJK selalu merilis daftar dari fintech yang menjadi penyedia pinjaman online pada website resmi dan hingga kini terdapat 144 perusahaan. Banyaknya perusahaan ini sudah terbukti mendapatkan aman dan layak untuk memberikan pinjaman dimana seluruh peraturan operasional telah dilakukan untuk melindungi data pribadi nasabah serta melakukan penagihan secara manusiawi. Dengan melakukan pinjaman pada perusahaan yang legal maka bila perbankan buruk pada OJK maka akan bermasalah BI checking sehingga akan sulit dapat mengajukan KPR maupun kredit untuk kendaraan bermotor.

Penawaran menarik dari pinjaman dana online cepat adalah pencairan dana yang cepat dalam hitungan hari sedangkan pinjaman bank membutuhkan waktu berminggu-minggu. Walaupun demikian pinjaman cepat ini memberikan biaya tambahan atau tanda jasa sebab pinjaman telah disetujui sehingga dibutuhkan uang untuk administrasi pinjaman yang memotong pencairan dana yang diperoleh. Pinjaman online yang sah akan memberikan penjelasan mengenai biaya tambahan ini namun biasanya pinjaman online ilegal tidak akan memberitahu hal ini dan memberikan potongan dalam jumlah besar kepada nasabah. Dalam pinjaman online biasanya syarat yang diberikan hanya berupa KTP, NPWP, slip gaji dan sebaiknya memperhatikan pinjaman online yang menyediakan syarat aneh dan hal ini akan membuat data pribadi menjadi tersebar.

Pinjaman online dapat dilakukan dengan internet namun terdapat istilah coverage area dimana batas ini merupakan area jangkauan dari pelayanan pinjaman online. Biasanya pinjaman ini masih sebatas untuk area Jabodetabek walaupun demikian masih terdapat fintech yang dapat memberikan layanan ke seluruh Indonesia. Sebagai pinjaman maka perlu mengetahui prosedur pencairan. Pinjaman waktu dalam beberapa hari tetap membutuhkan prosedur dan membutuhkan nasabah yang menunggu. Dalam pencairan maka rekening bank harus sama dengan identitas dari nasabah dan harus memiliki rekening pribadi. Beberapa pinjaman online juga memberikan pencairan dana melalui e-wallet atau aplikasi uang lainnya namun nasabah tetap harus teliti terhadap hal ini.

Setelah cair maka perlu mengetahui tagihan yang diperoleh, jangan sampai terlena hingga jangka tenor waktu dan fintech akan melakukan penagihan. Untuk perusahaan pinjaman online legal akan memberikan tagihan secara detail dan teliti dan biasanya memberikan denda, besaran bunga dari tanggal jatuh tempo serta pinalti apabila tidak sesuai dengan tenggat waktu. Pinjaman online akan memberikan prosedur cicilan untuk 2 atau 3 kali dari jangka tenor dengan tagihan jelas dengan besaran uang yang dibayarkan.

Untuk memilih pinjaman online yang tepat sebaiknya mencari tahu mengenai layanan pelanggan. Biasanya pinjaman dana tunai tanpa jaminan secara online yang sudah lama berdiri memiliki narahubung untuk mengetahui berbagai keluhan nasabah sehingga layanan pelanggan jelas tidak akan membuat konsumen menjadi bingung seperti Maucash. Bahkan beberapa pinjaman online saat ini memberikan layanan live chat untuk menghubungkan langsung dengan customer service.

News Feed