by

Website Sebaiknya Gunakan Perlindungan SSL, Apa Manfaatnya?

Sebenarnya, perlukah website menggunakan perlindungan SSL? Bagi Anda khususnya pemilik website wajib tahu mengenai pengertian SSL dan cara kerjanya. Setiap website saat ini harus punya SSL, mengingat fungsinya sangat penting bagi sistem keamanan website itu sendiri. Jadi, peran SSL sangat penting, yaitu untuk melindungi perpindahan data pada website supaya lebih aman.

Jika pertanyaannya mengenai perlu atau tidak sebuah website menggunakan perlindungan SSL, jawabannya adalah sangat perlu sekali. Hukumnya mungkin wajib bagi website untuk menggunakan SSL. Web browser keluaran Google yaitu Google Chrome bahkan mengidentifikasi website tanpa SSL sebagai website yang tidak aman. Biasanya website semacam itu akan mendapat label dari Google Chrome ‘Not Secure’.

Manfaat Menggunakan Perlindungan SSL

Website perlu menggunakan SSL sebagai upaya perlindungan transfer data di dalam website serta keamanan pengguna internet. Jika Anda masih ragu dengan kinerja SSL, lihat manfaatnya berikut ini.

  1. Transfer Data Terjamin Keamanannya

salah satu keuntungan sebuah website menggunakan sertifikat SSL yaitu perpindahan data di dalam website terjamin keamanannya. SSL menggunakan sistem keamanan terenkripsi yang melindungi transfer data antara website dengan pengunjung. Website yang sudah memakai sertifikat SSL ditandai dengan penggunaan HTTPS dan terdapat ikon gembok. Pengunjung bisa nyaman mengunjungi website Anda.

  1. Reputasi Website Semakin Bagus

Pengunjung bisa mengetahui suatu website sudah memakai fungsi SSL atau belum dengan melihat nama URL-nya. Jika sudah memakai sertifikat SSL maka awalan URL-nya memakai HTTPS. Sedangkan, jika belum URL-nya memakai HTTP saja.

Jadi, saat Anda mengunjungi website yang belum menggunakan SSL maka Google akan memberi notifikasi peringatan ‘Not Secure’. Maksud Google memberi peringatan tersebut, agar pengunjung tahu bahwa website tersebut tidak aman.

Notifikasi ‘Not Secure’ juga bisa muncul sewaktu pengunjung mengisi data login (username, email, atau password). Atau, ketika Anda diharuskan memasukkan informasi sensitif seperti data pribadi, nomor rekening, dan sebagainya.

Munculnya notifikasi peringatan dari Google tersebut jelas mempengaruhi reputasi website di mata pengunjung. Pengunjung website merasa kurang nyaman karena terus-terusan melihat notifikasi peringatan dan merasa kurang aman.

Jika website Anda ingin mendapat nilai bagus dari pengunjung, segeralah untuk menggunakan sertifikat SSL. Pertukaran data website melalui jaringan internet juga bakal lebih aman karena sudah terenkripsi.

  1. Website Menjadi Lebih SEO Friendly

Website yang SEO Friendly adalah ciri-ciri website berkualitas, karena bisa meningkatkan trafik jumlah pengunjung. SEO Friendly artinya content dari website sesuai dengan algoritma dari Google mesin pencari paling banyak digunakan saat ini.

Setiap pemilik website tentu ingin kualitas SEO pada websitenya meningkat. Cara menaikkan kualitas SEO website salah satunya adalah dengan memasang SSL. Google sebagai mesin pencari paling populer saat ini memang menerapkan algoritma yang memprioritaskan website yang memakai SSL.

Google mengaplikasikan sistem algoritma sedemikian rupa sejak 6 tahun lalu. Jangan harap traffic pengunjung website akan naik jika website tidak SEO Friendly. Oleh karena itu, pemasangan sertifikat SSL sangat penting pada website. Apabila Anda tidak mampu SSL berbayar, gunakan SSL yang versi gratis.

Pemula sangat cocok memakai SSL versi gratis. Karena biasanya pemula masih mencoba atau mengotak-atik website. Namun jika website sudah berkembang nanti bisa beralih gunakan SSL berbayar yang mempunyai fitur lebih lengkap.

Bagi yang masih bingung mengenai pemasangan SSL baik yang gratis ataupun berbayar sebaiknya gunakan jasa Rumahhosting. Rumah Hosting sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan yang ingin membuat website atau mengoptimasi website seperti memasang perlindungan SSL agar lebih aman.

News Feed