by

Beberapa Ciri Bayi Alergi Susu Sapi yang Wajib Bunda Ketahui

Apakah Bunda memberikan susu sapi kepada bayi kesayangan? Dan setelah memberikan susu sapi ada gejala setelah mengkonsumsi. Dan bisa jadi adalah beberapa ciri bayi alergi susu sapi. Dan di sini Bunda tidak perlu khawatir karena alergi pada saat mengkonsumsi susu sapi bisa saja terjadi.

Hal yang sangat penting dilakukan adalah mengenal beberapa ciri bayi alergi susu sapi, mengetahui penyebabnya, dan cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Oleh karena itu, baca lebih lanjut untuk mengetahui semua informasi tersebut.

Ada Beberapa ciri bayi alergi susu sapi

kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein yang dikandung oleh susu sapi disebut Alergi susu sapi. Reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada bayi akan menunjukkan beberapa tanda fisik yang merupakan ciri bayi alergi susu sapi. dan teman teman juga bisa melihat tentang intoleransi laktosa di sini: intoleransi laktosa.

Berikut ini adalah beberapa ciri bayi alergi susu sapi yang harus Bunda ketahui:

  • Masalah pencernaan

Timbulnya beberapa masalah pada sistem pencernaan juga menjadi salah satu ciri bayi alergi susu sapi. Beberapa masalah pencernaan yang merupakan ciri alergi susu sapi pada bayi seperti diare, perut kembung, sembelit atau konstipasi, muntah-muntah, dan tidak mau makan.

Apabila bayi Bunda memiliki beberapa masalah pencernaan tersebut dan juga masalah kulit yang sudah disebutkan sebelumnya maka kemungkinan besar ia termasuk bayi yang alergi terhadap susu sapi.

  • Masalah umum

Selain ketiga masalah yang telah disebutkan yaitu masalah kulit, pencernaan, dan pernapasan, masih ada hal yang merupakan ciri-ciri bayi alergi susu sapi. Beberapa masalah ini bersifat umum, seperti rewel, sering menangis, susah tidur, lesu, gelisah, dan berat badan yang sulit meningkat.

  • Masalah pernapasan

Dari sistem pernapasan yang bermasalah pun menjadi ciri dari alergi susu sapi. Masalah pernapasan yang biasa dimiliki oleh bayi yang alergi terhadap susu sapi di antaranya ada suara pada nafasnya, sering batuk, hidung berair, dan beberapa gejala kedinginan.

Teman teman perlu memerhatikan apakah bayi Bunda juga memiliki masalah pernapasan tersebut selain masalah kulit dan masalah pencernaan. Apabila ada maka semakin besar kemungkinan bayi Bunda memiliki alergi terhadap susu sapi.

  • Masalah kulit

Masalah kulit juga bisa terjadi karena mengkonsumsi susu sapi. contohnya eksema atau eksim, ruam, gatal-gatal, mata atau bibir bengkak, pipi memerah, dan kulit pucat.

Beberapa masalah kulit tersebut merupakan ciri utama dari kejadian alergi susu sapi pada bayi. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan apakah bayi Bunda memiliki ciri-ciri tersebut atau tidak. Lengkapilah dengan ciri alergi susu sapi yang lain.

Penyebab alergi susu sapi pada bayi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab alergi susu sapi pada bayi. Informasi tentang penyebab alergi susu sapi pada bayi ini cukup bermanfaat sehingga Bunda bisa mengetahui penyebab yang mana yang menyebabkan bayi Bunda memiliki alergi terhadap susu sapi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab alergi susu sapi pada bayi:

  1. Riwayat keluarga

Apabila anggota keluarga besar Bunda dan pasangan ada yang memiliki riwayat asma, eksim, dan demam maka ini adalah penyebab bayi Bunda bisa alergi terhadap susu sapi. Ini adalah penyebab utama bayi alergi susu sapi.

  1. Susu formula

Bayi yang sejak lahir langsung di berikan susu formula bisa saja memiliki bakat alergi susu sapi.

  1. Faktor lain

Ada beberapa faktor di luar dua penyebab utama di atas, yakni seperti cara melahirkan, asupan zat gizi, paparan racun, dan perubahan bakteri yang ramah di dalam tubuh bayi. Faktor-faktor tersebut bisa merangsang sistem kekebalan tubuh bereaksi yang memicu munculnya alergi pada bayi.

Comment

News Feed