by

Penyebab Luka Operasi Mengalami Infeksi

Setiap jenis luka punya potensi menjadi infeksi, terlebih apabila tidak dilakukan perawatan dengan tepat. Begitu juga pada luka bekas operasi. Infeksi pada luka operasi atau yang juga disebut dengan ILO (Infeksi Luka Operasi) adalah infeksi yang terjadi pada luka bekas sayatan tindakan operasi dan kebanyakan hal ini resikonya lebih tinggi terjadi pada 30 hari pertama pasca operasi.

Pada posedur operasi, dokter bedah akan melakukan tindakan berupa membuat sayatan pada kulit dengan pisau bedah sehingga menjadikan adanya luka operasi. Kendati operasi sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan juga tindakan pencegahan dilakukan, masih terdapat kemungkinan terjadinya infeksi luka operasi.

Setidaknya terdapat tiga tempat yang punya resiko lebih besar terjadinya ILO. Ketiga tempat itu adalah sayatan dangkal atau superficial yaitu sayatan pada kulit, kemudian yang kedua adalah sayatan dalam atau deep, yaitu sayatan pada otot dan satu lagi adalah organ atau rongga, dimana jenis infeksi ini terjadi di dalam orang tubuh ataupun rongga pada daerah yang dioperasi.

Luka pasca-operasi dapat mengalami infeksi umumnya disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus, atau bakteri Streptococcus dan juga bakteri Pseudomonas. Bakteri-bakteri tersebut dapat menginfeksi luka operasi dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Interaksi antara luka operasi dengan kuman yang ada di kulit. Bisa terjadi contohnya ketika tangan yang tidak bersih memegang tempat luka.
  2. Interaksi dengan kuman yang ada di udara. Bisa terjadi ketika pasien beraktivitas di luar ruangan dan luka operasi terpapar debu.
  3. Interaksi dengan kuman yang sudah ada di dalam tubuh maupun organ yang dioperasi
  4. Interaksi dengan alat-alat operasi

Resiko luka operasi semakin tinggi terjadi karena beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tindakan operasi berjalan lebih dari 2 jam
  2. Operasi dilakukan pada bagian peut
  3. Operasi yang dilakukan segera atau cito
  4. Tindakan operasi pada orang lanjut usia
  5. Tindakan operasi yang dilakukan pada pasien penderita diabetes
  6. Sistem kekebalan tubuh pasien lemah
  7. Pasien obesitas

Untuk menghindari resiko maupun menyebab terjadinya infeksi luka operasi, Anda harus aktif berkonsultasi dengan dokter mengenai tindakan-tindakan apa saja yang harus Anda lakukan pasca operasi. Anda juga dapat mencari tahu informasi kesehatan lainnya dengan salah satunya mengakses laman www.guesehat.com.

Hosting Unlimited Indonesia

Comment

News Feed