by

Ling Shen Yao: Inilah Gejala Khusus dari Gagal Ginjal

Ling shen yao merupakan salah satu pengobatan china yang banyak digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit, salah satunya untuk penyakit ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit kronis yang membuat fungsi ginjal menjadi menurun dan mengalami kerusakan. Gagal ginjal sebagai bentuk menurunnya laju filtrasi ginjal selama 3 bulan hingga lebih. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring limbah maupun cairan dari darah sebelum dibuang melalui urin, kedua ginjal memiliki kemampuan untuk menyaring 120 hingga 150 liter darah sehingga akan menghasilkan 1 hingga 2 liter urine setiap harinya. Gagal ginjal diperkirakan dialami oleh 1/5 pria dan ¼ wanita dengan usia 65 hingga 74 tahun.

Penyebab gagal ginjal dibagi atas dua yaitu akut dan kronik. Gagal ginjal akut disebabkan oleh infeksi, alergi, selesai melakukan operasi besar, mengalami penyakit tertentu, memiliki luka bakar parah, cedera pada ginjal dan berkurangnya aliran darah pada ginjal. Gagal ginjal akut juga dapat terjadi karena overdosis, efek samping maupun interaksi obat seperti obat anti radang, kemoterapi hingga suplemen herbal. Penyebab gagal ginjal kronis dikarenakan menderita diabetes serta tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, memiliki riwayat ginjal di keluarga dekat, memiliki gangguan di bagian prostat, kelebihan berat badan, mengalami penyakit autoimun, menderita penyakit ginjal berulang.

Berikut adalah gejala khusus yang terlihat dari gagal ginjal diantaranya:

  • Mengalami pembengkakan simetris pada kaki kiri dan kanan hal ini dikarenakan urin tidak keluar dengan baik sehingga terjadi resistensi pada kedua kaki.
  • Terganggunya ginjal membuat sel darah merah berada dalam urin yang ditandai dengan warna urin berubah.
  • Terdapat sel darah putih pada urine yang menunjukkan adanya infeksi.
  • Urin yang keluar bersama dengan urin akan membuat tanda ginjal tidak bekerja secara fungsionalnya.
  • Memiliki penurunan produksi urin.
  • Mengalami gangguan pertumbuhan pada anak-anak yang mengalami penyakit gagal ginjal.
  • Mengalami anemia karena salah satu tugas dari ginjal adalah pembentukan sel darah merah.
  • Mengalami kelainan tulang yang membuat tulang mudah patah maupun bengkok karena pembentukan vitamin D di tubuh menjadi rendah.

Pengobatan gagal ginjal dengan menganjurkan penderita menuju dokter urologi maupun ginjal, melakukan pengobatan infeksi sebagai penyebab gagal ginjal. Pengobatan dilakukan dengan saran untuk meminum air mineral untuk terhindar dari dehidrasi, melakukan tes darah untuk memperhatikan kreatinin serta garam, dan menghentikan obat yang membuat fungsi ginjal menjadi berkurang. Penderita perlu dirawat di rumah sakit jika mengalami penyumbatan urin, mengalami kondisi parah dan komplikasi sehingga akan membantu perawatan lebih cepat sebelum parah.

Berikut adalah daftar makanan untuk kesehatan ginjal diantaranya:

  • Apel yang memiliki kalium dan menurunkan kadar glukosa serta kolesterol dalam darah sebaiknya mengonsumsinya bersama dengan kulitnya.
  • Bawang dengan pengganti bumbu garam sehingga akan membuat asupan garam menjadi berkurang.
  • Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 pada tuna, kakap, makerel, sarden dan salmon yang baik untuk fungsi tubuh dan bernutrisi menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, dapat mengonsumsi lobak, kol, bunga kol maupun paprika yang mengandung antioksidan dan vitamin C sehingga akan menangkal radikal bebas di ginjal. Konsumsi putih telur akan membuat tubuh mendukung kebutuhan fosfor dengan baik. Kebutuhan 8 gelas perhari sangat diharuskan sehingga membantu ginjal terpenuhi, untuk mengetahui kebutuhan air dapat mengurangi berat badan dengan 20 sehingga akan diketahui kebutuhan masing-masing. Ling shen yao merupakan obat yang ditemukan untuk menyembuhkan ginjal yang sudah dijual melalui situs belanja online.

News Feed