by

Kuliner Khas Surabaya dengan Rasa yang Nikmat

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang kaya akan kuliner enak dan memiliki pusat perbelanjaan yang murah. Surabaya adalah kota pahlawan karena sejarah pada kota ini sangat panjang terhadap kemerdekaan Indonesia dan banyak catatan sejarah di setiap sudut kota ini. Bagi anda yang ingin berlibur ke Surabaya sebaiknya anda bisa mencoba kuliner khas kota Surabaya karena memang sangat unik dan sayang anda lewatkan. Untuk itu kami akan berikan rekomendasi kuliner khas Kota Surabaya yang sayang anda lewatkan. Simak ulasannya !

  1. Nasi Goreng Jancuk

Kuliner pertama yaitu Nasi Goreng Jancuk. Asal muasal nama kuliner ini berasal dari umpatan pelanggan setelah mencoba kuliner ini. Koki yang membuat menu ini untuk teman-temannya sengaja menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang banyak dan ketika sendok pertama nasi goreng ini sampai di lidah teman-teman si koki, spontan mereka mengumpat, “Jancuk! Pedes, Cuk!”. Nasi goreng ini memiliki porsi yang besar sehingga anda harus ditemani beberapa orang untuk menyantapnya. Untuk harga per porsi nasi goreng ini cukup fantastis yaitu Rp. 150.000 untuk empat sampai lima orang. Anda bisa menemukan nasi goreng jancuk ini di Royal Plaza.

  1. Es Krim Zangrandi

Cuaca di Surabaya memang panas dan hampir mirip dengan kota Jakarta. Untuk itu anda bisa mencoba kuliner yang bisa menyegarkan tenggorokan anda dengan mengunjungi kedai es krim Zangrandi. Bagi para pecinta kuliner di kota Surabaya sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini karena sudah berdiri di tahun 1930. Pemiliki kedai es krim ini adalah seorang yang berasal dari negri Itali dengan menggunakan resep buatan sang istri. Kini kedai eskrim ini sangat populer di kota Surabaya karena rasanya tetap terjaga dan sangat enak. Untuk alamat kedai ini berada di jalan Yos Sudarso no. 15 dengan harga Rp 24.000 saja anda bisa mencicipi nikmatnya eskrim ini. Bahkan tak hanya soal rasa, bangunan tempat kuliner Surabaya ini pun tetap bernuansa tempo dulu.

  1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah sate yang tampak seperti biasa sate pada umumnya namun anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat menikmati sate ini. Karena irisan sate ini menggunakan bumbu terleih dahulu dengan kelapa yang telah di sangrai. inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih dan berbeda dengan sate lainnya. Sate Klopo Ondomohen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Untuk satu porsi sate ini hanya Rp 20.000 saja dan beralamat di jalan walikota mustajab no. 36. Untuk anda penggemar sate wajib coba kuliner khas kota Surabaya ini.

  1. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Kuliner selanjutnya adalah kuliner Surabaya yang tak kalah populer. Soto Ayam Lamongan Cak Har adalah kuliner yang disukai mahasiswa, pengunjung dari berbagai kalangan. Soto ini memang terkenal sangat nikmat dan membuat ketagihan ketika mencicipi soto ini. Belum lagi harga yang ramah dikantong yaitu Rp. 20.000 membuat anda puas dan kenyang setelah menikmati soto ini. Belum lagi untuk isian daging anda bisa memesan sesuai selera anda. Contohnya, Anda memesan seporsi soto ayam dengan daging bagian dada tanpa kulit. Maka yang akan tersaji dalam mangkuk Anda adalah daging ayam bagian dada tanpa kulit tanpa campuran lainnya. untuk kuah soto ini sangat segar dan langsung membuat perut lapar karena wanginya yang menyerbak serta kaldu yang kuat. Alamat kuliner ini anda bisa menemukan di jalan dr. Ir. H. Soekarno.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Kuliner terakhir yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Kuliner khas Surabaya ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Belum lagi ada menu lain tak kalah nikmat yaitu sate kerang dan es kelapa muda. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya dan harga dari lontong balap ini Cuma Rp. 12.000 saja.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Surabaya yang bisa anda coba. Untuk anda yang tinggal di Jakarta dan ingin berkunjung ke Surabaya, anda bisa memesan tiket kereta Jakarta Surabaya di Blibli.com dengan penawaran yang menarik.

News Feed