Manfaat Pinjaman Online untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan

  • Whatsapp
Pinjaman Online

Kalian pernah meminjam uang di layanan Pinjaman Online? tau gak sih manfaat dari Pinjaman Online kalo belum yuk kita simak informasinya secara lengkap disini.

1. Manfaat Pinjaman Online

Masalah finansial memang masalah yang kompleks selalu menjadi ancaman penting bagi setiap orang namun akhir-akhir ini telah banyak layanan-layanan yang menyediakan jasa Pinjaman Uang secara Online yang pastinya cepat dan mudah prosesnya, Pinjol memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut:

  • Manfaat Peminjam

Persyaratan yang mudah dan gak ribet untuk melakukan pengajuan Pinjaman Online sehingga menghemat waktu, menambah inklusi keuangan bagi peminjam, dan memberikan alternatif serta kemudahan bagi peminjam yang belum layak diberikan pinjaman oleh debitur. Suku bunga yang di patok tidak jauh beda dengan perbankan pada umumnya.

  • Manfaat Investor

Bagi investor ini merupakan peluang investasi yang cukup mudah dan tidak ribet sehingga investor bisa menginvestasikan dananya sesuai preferensinya. Pendanaan Pinjaman Online juga bermanfaat untuk generasi milenial. Karena layanan yang digunakan berbentuk teknologi digital.

  • Manfaat Perbankan

Bank bisa melakukan kerja sama dengan pihak investor dengan biaya yang rendah. Menmabah DPK, penambahan penyaluran kredit serta peluang untuk perbankan sebagai alternatif investasi.

Semuanya pasti selalu ada pro kontra, begitupun dengan Pinjol pasti ada resiko yang harus di hadapi baik Investor maupun Peminjam. Dibawah ini ada beberapa resiko dari Pinjaman Online diantaranya sebagai berikut:

  • Kurangnya standarisasi yang dilakukan oleh Pihak OJK pada saat pencatatan dan pelaporan Pinjam Meminjam secara Online yang mengakibatkan perbedaan dalam NPL, setiap 3 bulan sekali laporan harus masuk ke OJK.
  • Standarisasi komponen web footprint dapat berbeda dengan credit scoring yang lain sehingga mengakibatkan hasil data yang berbeda.
  • Terdapat peminjam yang fiktif, sehingga meragukan pihak investor.
  • Perkembangan yang pesat di lakukan oleh Pihak jasa layanan Pinjaman Online yang mengakibatkan penurunan profitabilitas bank.
  • Dana yang telah di investasikan bisa saja di Tarik tiba-tiba oleh pihak investor.
  • Pinjaman secara Online dan data yang diberikan oleh peminjam bisa saja di curi jika tidak di imbangi dengan sekuriti yang memadai.
  • Proses penyaringan peminjam belum sebaik yang dilakukan oleh pihak bank.
  • Belum ada peraturan bagaimana perlakuan terhadap jasa Pinjaman Online yang tutup.

2. Kekurangan Pinjaman Online

· Bunga Tinggi

Perusahaan Pinjaman Online memiliki berbagai alasan tersendiri mengapa memberikan bunga yang tinggi di bandingkan dengan Bank Umum. Salah satunya Perusahaan Jasa Pinjaman Online tidak mau mengambil resiko yang tinggi ke pada nasabah Online. Karena bisa saja nasabah Online itu adalah nasabah yang fiktif.

· Plafond Pinjaman Kecil

Kecilnya agunan yang di berikan oleh jasa Pinjaman Online yang di bawah 5 juta yang di berikan ke peminjam. Bahkan untuk menaikkan agunan pinjaman harus meminjam beberapa kali dulu baru bisa menaikkan Pinjaman.

· Data Pribadi di Aplikasi

Untuk bisa meminjam di Perusahaan jasa Pinjaman Online kita harus melengkapi data pribadi kita di aplikasi hal ini bisa saja data pribadi kita dicuri dan digunakan untuk kejahatan.

3. Ciri-ciri Pinjaman Online yang Resmi

  1. Berizin dan diawasi oleh OJK
  2. Terbuka mengenai bunga dan biaya
  3. Memiliki situs resmi
  4. Adanya aplikasi mobile
  5. Alamat kantor jelas
  6. Persetujuan instan
  7. Dana cair cepat
  8. Integritas otomatis
  9. Pembayaran mudah
  10. Tenor fleksibel

Sekian dari saya itu tadi informasi Perusahaan Jasa Pinjaman Online semoga informasi tadi bisa menambah wawasan dan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Related posts